Inovatif, Pemilihan Ketua OSIS Berbasis Teknologi

Pati – Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pelajar SMP/MTs hingga SMA/MA termasuk SMK. OSIS termasuk salah satu organisasi wajib disetiap sekolah. Pergantian periode OSIS biasanya satu tahun sekali yang dilaksanakan dengan metode pemilhan umum dengan cara pengambilan suara dari seluruh siswa.

Pada umumnya pemilihan ketua OSIS menggunakan kertas tetapi kali ini SMK Salafiyah Kajen Margoyoso Pati berbeda, SMK Salafiyah melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS menggunakan Aplikasi E-Voting berbasis Komputer yang diberi nama GO OSIS Apps (General Elections OSIS).

Aplikasi ini merupakan hasil kreativitas dari siswa SMK Salafiyah program studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang bekerjasama dengan siswa program studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang tergabung dalam KOPYAH (Komunitas Programmer Salafiyah).

“Saya selaku panitia pelaksana pemilu OSIS berbasis Komputer ini ikut bangga karena ini menurut saya sangat hebat,” ujar Nashir selaku ketua OSIS periode 2017-2018 pada kegiatan pemilu OSIS berbasis komputer yang berlangsung di Aula SMK Salafiyah Pati, Senin (30/7/2018)

GO OSIS Apps atau aplikasi pengambilan suara berbasis komputer, memungkinkan pemilih untuk menge-klik satu dari dua atau lebih calon pada aplikasi di PC/laptop. Panitia juga menyiapkan token sekali pakai sesuai jumlah siswa SMK Salafiyah, untuk menjaga kerahasiaannya.

“Meskipun hanya memilih ketua OSIS, panitia dan peserta tetap menjunjung tinggi asas pemilu yaitu LUBER dan JURDIL. Kegiatan ini sangat baik sebagai pendidikan politik para siswa SMK Salafiyah, terlebih mereka adalah calon pemilih pemula,” begitu tanggapan Yeni Dewi selaku Waka Kesiswaan SMK Salafiyah Pati.

Seluruh siswa juga begitu menikmati hal baru dalam Pemilu Ketua OSIS ini dengan penuh semangat. “Saya mengakui ini sangatlah hebat karena sebelumnya saya belum pernah melakukan pemilihan ketua OSIS menggunakan aplikasi” kata Puji Saputro, salah satu peserta dalam pemilihan ketua OSIS SMK Salafiyah Kajen.

Panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIS berbasis Aplikasi ini berasal dari Anggota OSIS periode 2017-2018 yang beranggotakan dari program studi TKJ, Tata Busana, serta RPL. Kegiatan pemilu OSIS berbasis komputer yang berlangsung Senin 30 Juli 2018 di Aula SMK Salafiyah Pati ini pertama kali dilakukan oleh OSIS SMK Salafiyah.

“Karena mungkin ini yang pertama kalinya tentunya masih banyak kekurangan, tetapi bagi saya ini sudah luar biasa dengan harapan tahun depan bisa lebih baik dan lebih berkembang,” kata Izzul salah satu programmer GO OSIS Apps SMK Salafiyah.

Dengan menggunakan aplikasi dalam melaksanakan pemilihan ketua OSIS ini, selain memperlihatkan kreatifitas siswa yaitu menunjukkan aplikasi yang dirancang sendiri, tetapi juga dengan berbagai keunggulan lainnya, seperti kemudahan teknis, tidak ada suara yang tidak sah (semua suara sah), penghitungan suara tidak memakan banyak waktu, menjadikan siswa penasaran dengan isi aplikasi sehingga siswa lebih semangat menuju tempat pemilihan suara untuk segera menggunakan hak pilihnya.

“Sudah seharusnya SMK harus memulai dan mengawalinya dengan kegiatan intra sekolah. Dengan memanfaatkan IT yang ada,penggunaan aplikasi pemilihan ketua Osishanyalah sebagian kecil dari pemanfaatan teknologisesuai dengan perkembangan zamannya.Dengan menggunakan aplikasi GO OSISApps ini, pemilu tidak lagi membutuhkan biaya yang banyak.Dari segi model sendiri, pemilihan menggunakan cara baru ini akan menjadi pemicu untuk memanfaatkan IT yang benar, dengan akurasi validasi hasil yang sangat terjamin dan data yang akurat,” ujar H. Ubaidillah Wahab selaku kepala sekolah SMK Salafiyah Kajen pada saat memberikan sambutan.

Di samping itu, Wahab juga berharap, hasil karya siswa ini bisa juga dimanfaatkan atau digunakan oleh bapak ibu guru ke depan. (Ln-Am/bd)