Rakornas Kemenag Optimalisasi Tahun Ajaran Baru

Optimalisasi Tahun Ajaran Baru, MTs Muhammadiyah Merden Ikuti Rakornas Kemenag

Banjarnegara – Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Merden, Soleh Santosa menghimbau para guru untuk mengikuti Rapat Koordinasi Nasional dengan Kementrian Agama yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Channel “Study Madrasah Indonesia”. Acara diikuti oleh Direktur KSKK Madrasah, Kasub Direktorat Kurikulum dan Evaluasi, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kota, Pokjawas, Ketua KK RA, Pengawas, KKM MI, MTS, MA, dan Bapak Ibu Guru Pengajar Madrasah,Rabu, (7/7) Rapat tersebut membahas tentang Sosialisai Pelaksanaan Tahun Pelajaran Baru 2021/2022.  

Pemandu acara, Mawardi meympaikan tujuan acara ini agar kegiatan pembelajaran tahun ajaran baru bisa optimal. “tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mempersiapkan pelaksanaan Tahun Pelajaran baru yang suasana pandemi, tentunya semua harus direncanakan dengan baik agar hak-hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu tercapai sehingga dapat menjadi madrasah yang bermutu dan berprestasi” ujarnya.

Sementara itu, Anwar Ma’ariif selaku guru MTs Muhammadiyah Merden yang turut menyimak rapat melalui kanal youtube mengatakan bahwa acara tersebut telah menambah pengalamannya menjadi guru. “Saya memperoleh banyak pencerahan dari guru maupun kepala madrasah di tempat tugasnya. Ternyata selama ini guru lebih disibukkan dengan mempersiapkan administrasi dari pada berkarya inovatif, kreatif meningkatkan kualitas yang dapat di contoh peserta didiknya,” terangnya.

Selain itu, Anwar juga mengatakan bahwa acara tersebut juga menambah semangatnya sebagai tenaga pendidik untuk menjadi guru terbaik bagi anak didiknya

“Ternyata kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan semangat menjadi guru terbaik yang tidak hanya berkutat pada kejenuhan menjalankan rutinitas pekerjaan karena beban yang overlap, sudah saatnya guru mewujudkan merdeka belajar kepada anak juga dirinya dalam berbagai kegiatan ilmiah dan mengembangkan kemampuan dalam menggunakan teknologi untuk menjadi guru madrasah yang memiliki kualitas profesional dan bermutu,” tambahnya.

Sebagai saran, Anwar menyatakan bahwa kunci kemajuan sebuah institusi pendidikan adalah bagaimana manajemen sekolah dan kualitas guru yang akan memberikan jaminan hasil pendidikan serta memberikan keyakinan masyarakat untuk lebih percaya. Dengan demikian maka sudah menjadi keharusan bahwa nantinya Madrasah juga dapat menyiapkan kurikulum populer yang dibutuhkan pada zamannya. (rks/ak/rf)