Intip Kelebihan RDM, Aplikasi Pengolah Nilai Raport Milik Kemenag

Banjarnegara – Rapot Digital Madrasah (RDM) aplikasi pengolahan dan pelaporan hasil belajar siswa yang dikembangkan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Rapor Digital Madrasah gratis digunakan oleh semua madrasah di seluruh Indonesia.

Rapor Digital Madrasah juga menjadi menjadi penyempurnaan atas aplikasi serupa, Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang digunakan sebelumnya. Tentunya dengan berbagai perbaikan dan penyempurnaan yang dilakukan langsung oleh Tim Teknis Kementerian Agama.

Pada Rabu, 17 November 2021 seluruh guru MTs Negeri 1 Banjarnegara mengikuti sosialisasi RDM. Sosialisasi RDM ini dilaksanakan di ruang aula MTs Negeri 1 Banjarnegara. Kasum dan Jafar Ali, teknisi MTs Negeri 1 Banjarnegara menjadi narasumber dalam sosialisasi RDM ini.

“Selain sebagai aplikasi mencetak rapor, RDM juga berfungsi sebagai bank nilai siswa madrasah. Seluruh data nilai siswa madrasah tersimpan di server pusat serta dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan,” tutur Kasum.

Selanjutnya, Kasum juga menyebutkan beberapa fitur dan kelebihan RDM yang semakin memudahkan guru dalam mengolah nilai. Fitur dan kelebihan tersebut antara lain:

  1. Memiliki Level Akses yang lengkap.
  2. Penilaian berkelanjutan tanpa menghapus data nilai sebelumnya.
  3. Gratis selamanya
  4. Memiliki fitur backup dan restore yang memudahkan dalam penyimpanan backup data ataupun sebaliknya pemulihan data jika diperlukan.
  5. Dilengkapi barcode dan watermark pada hasil cetak rapornya
  6. Cetak rekap nilai persiswa mulai dari semester awal hingga akhir dalam satu halaman.
  7. Dukungan angularjs, yang membuat proses render halaman diproses di browser sehingga tidak memberatkan server.
  8. Dukungan PWA dan workbox.js yang dapat mempercepat proses rendering halaman.
  9. Terintegrasi dengan Emis.
  10. Dapat diinstal secara online.

Dengan aplikasi ini guru madrasah lebih mudah dalam mengelola nilai di mana saja dan kapan saja.  (Rin/ak/rf)