Jabatan Itu Amanah, Junjung Tinggi Nama Baik Kementerian Agama

Kota Magelang – Rabu (2/06) Sofia Nur Kepala Kakemenag Kota Magelang akan melantik dan mengambil sumpah satu ASN sebagai JFT Penghulu dilingkungan Kementerian Agama Kota Magelang. Sebelum pelantikan digelar, Kepala Kantor secara khusus memberikan arahan dan bimbingan kepada ASN yang akan dilantik, yakni Slamet Rahayu di ruang kerjanya. Slamet Rahayu yeng telah berpengalaman melaksanakan tugas di KUA Kecamatan Magelang Tengah dan Seksi Bimas Islam tersebut telah mengikuti uji kompetensi dan melaksanakan Diklat Kepenghuluan di Baldiklat Semarang tempo lalu.

Dalam arahannya kepada Slamet Rahayu, Sofia Nur mengatakan “Selamat atas amanah dan jabatan baru yang akan diemban. Bekerjalah dengan hati nurani dan dasarkan oleh peraturan yang berlaku. Tetaplah konsisten dan berintegritas tinggi. Tetaplah berkomitmen dalam mewujudkan Kementerian Agama yang bersih dan berkualitas. Janganlah tergoda oleh penghasilan-penghasilan yang diluar ketentuan resmi perundang-undangan. Sebagai penghulu tentunya lebih banyak tantangan yang akan dihadapi karena berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Tetaplah sabar dalam memberilakan layanan, akan tetapi juga tetap bersikap tegas terhadap berbagai persoalan yang dihadapi dengan memedomani aturan yang berlaku”.

 “Tugas Penghulu sangat penting karena melalui peran Penghulu suatu hubungan wanita dan laki-laki menjadi sah sehingga Penghulu harus senantiasa memperhatikan rukun nikah saat hendak menikahkan warganya. Selain itu, penghulu harus dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan pernikahan” tambah Sofia Nur.

Sofia Nur juga mengingatkan kepada Slamet Rahayu bahwa sumpah jabatan yang diucapkan pasti di pertanggungjawaban baik di dunia maupun di akhirat. Jabatan harus terima sebagai amanah yang harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya sebagai jalan pengabdian kita kepada masyarakat melalui institusi Kementerian Agama.

Dalam kesempatan itu, Slamet Rahayu mengucapkan terimakasih atas arahan yang diberikan secara khusus oleh Kepala Kantor. Ia juga menyampaikan komitmennya akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya dengan selalu menjunjung tinggi nama baik Kementerian Agama Kota Magelang. (HS)