Jadilah Penyuluh Yang Rohmatan lil’alamiin

Kebumen – Tugas dakwah sesungguhnya merupakan kewajiban setiap Individu, tak terkecuali bagi Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kementerian Agama. Hal ini disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen, Imam Tobroni saat membuka Kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Kabupaten Kebumen di Aula Hotel Candisari Karanganyar, Rabu (6/2)

Menurutnya cara berdakwah bagi setiap orang berbeda sesuai dengan kemampuanya masing-masing, dia berharap peserta bisa menjadi penyuluh yang rohmatan lil alamiin. “Setiap orang mempunyai cara dan strategi dalam berdakwah di masyarakat, oleh karena itu jadilah penyuluh yang rohmatan lil'alamiin,” ucapnya.

“Secara profesional perlu ada  kelompok  yang bisa melaksanakan hal tersebut,” ucapnya dengan memberikan contoh seperti para kyai, mubaligh/mubalighoh, ustadz/ ustadzah yang bisa menyampaikan dakwah secara langsung ke masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam satu hari tersebut diikuti oleh 19 Penyuluh Agama Islam Fungsional dan 66 Penyuluh Non PNS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen

Salah satu panitia menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan tersebut adalah sebagai acuan umum bagi peserta dalam melaksanakan penyelenggaraan penyuluhan agama Islam dibidang ke-Islaman dan pembangunan bagi aparat Kementerian Agama, Pemerintah daerah dan masyarakat. Selain itu panitia berharap melalui kegiatan ini bisa terwujud pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar, mursyidul ummah ( petunjuk umat dan solusinya), juga keteladanan hidup dalam bermasyarakat.

Terkait hal tersebut perlu optimalisasi peran dan mobilitas masyarakat dalam menunjang Visi Kementerian Agama, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.(pt/wul)