Penyuluh Non PNS Kecamatan Kaliwungu Sabet Juara 1 Dalam Pemilihan Penyuluh Teladan Tingkat Kabupaten

Kudus – Sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja penyuluh agama islam dan pemberian penghargaan atas keteladananya, Kantor kementerian Agama Kabupaten Kudus mengadakan kegiatan pemilihan penyuluh teladan tingkat kabupaten Kudus.

Kegembiraan dirasakan oleh KUA Kecamatan Kaliwungu. Ini dikarenakan Penyuluh Agama Islam Non PNS, Zaenal Arifin telah meraih juara 1 pada seleksi Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Kabupaten Kudus tahun 2021 dengan tema tentang pembinaan bagi mualaf di era pandemic covid  19 yang di gelar di Hotel @ Home Kudus (27/5/2021).

Kepala KUA Kecamatan Kaliwungu, Humaidi mengucapkan selamat kepada Zaenal Arifin yang telah mendapatkan kejuaraan tersebut. Dan menyampaikan bahwa perjuangan masih panjang serta tantangan masih menghadang untuk menyongsong kompetisi kejenjang berikutnya, oleh karena itu tetap semangat dan jaga kekompakan .

Pemilihan penyuluh agama islam ini diikuti oleh 9 peserta dari 9 Kecamatan dengan kategori Penyuluh Agama Islam Non PNS  dengan menghadirkan 3 dewan juri yaitu : Sekretaris MUI, Su’udi. Pengurus Masjid Agung, Ahmad Latif dan Mubalig, Abdul jalil. Sedangkan aspek yang dinilai meliputi kelengkapan administrasi, presentasi, karya tulis program unggulan dan video kreatifitas.

Hadir Kasi Bimas Islam, Shalehuddin dalam sambutanya menyampaikan.”sebagai penyuluh agama tidak hanya dituntut memiliki kemampuan keilmuan dan keahlian dalam bertutur kata, tetapi dituntut pula menjadi teladan bagi umat. Keteladanan yang dimiliki oleh penyuluh agama islam inilah yang perlu diberi penghargaan atau apresiasi. Salah satu bentuk apresiasi yang dapat dilakukan adalah melalui pemilihan penyuluh agama teladan baik fungsional maupun non fungsional. “ jelasnya

Selanjutnya dikatakanya bagi peserta yang mendapatkan juara pertama nanti akan dikirim sebagai delegasi Kabupaten Kudus  pada lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan bulan juni mendatang. Disamping itu beliau mengharap semua penyuluh agama islam agar  selalu menyampaikan kepada masyarakat untuk melaksanakan protocol kesehatan mengingat kondisi saat ini kabupaten Kudus masuk pada zona merah .

Di akhir kegiatan dilaksanakan pemilihan kejuaraan yaitu, juara 1 Zaenal Arifin (utusan dari KUA Kecamatan Kaliwungu). Juara 2 Khoiri (utusan dari KUA KecamatanJati ) dan juara ke 3 Muhammad Malik (utusan dari KUA Kecamatan Bae) (St.Zul/wwk/bd)