Jagalah Niat Dalam Berhaji

Pati – “Inilah aku ya Allah datang memenuhi panggilan-Mu” talbiyah yang menggema di pendopo Kabupaten Pati mampu membuat segenap calon jamaah haji berkhidmat mengikuti jalannya acara Konsolidasi kloter, Penutupan manasik dan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kab. Pati Tahun 1438 H/2017 M di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (25/7).

Acara yang diawali dengan laporan pelaksanaan ibadah haji oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Akhmad Mundakir dihadiri oleh Bupati Pati, segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopinda ) dan 1665 jamaah calon haji kabupaten Pati tahun 1438 H.

Acara itu cukup menjadi gambaran akan kecintaan mereka kepada Allah SWT, menjadi pertanda mereka telah siap baik mental maupun spiritual dengan penuh tawakkal untuk melaksanakan rangkaian Ibadah Haji. Yang di dalamnya tersimpan berbagai konsep semangat persamaan, persatuan, kesederhanaan, kesadaran sosial, pengorbanan, semangat memerangi hawa nafsu dll.

Dalam pengarahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, berpesan kepada segenap Petugas yang mendampingi calon jamaah haji agar peduli kepada jamaah karena mereka adalah petugas Negara yang diberi amanah untuk mendampingi tamu-tamu Allah. Kepada para jamaah dipesan agar mereka selalu menjaga nama baik bangsa dan negara serta betul-betul menjaga niat dengan memaksimalkan dalam beribadah seraya menjalankan/ menikmati ibadah dengan penuh keikhlasan dan tawakkal sekalipun harus menempati maktab yang jauh karena semangat ikhlas beribadah yang hanya mengharap ridlo Allah SWT mampu membuat yang jauh menjadi dekat dan yang berat terasa ringan.

Sementara itu Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya menjelaskan bahwa kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam melayani jamaah haji ditujukan untuk keamanan, kenyamanan dan keabsahan pelaksanaan ibadah haji. Bupati juga berpesan agar jamaah haji jangan egoistis, jangan sungkan untuk mengalah dan memberikan bantuan kepada sesama jamaah terutama jamaah lanjut usia dan betul betul menjaga kesehatannya karena ibadah yang dilaksanakan tidak hanya memerlukan psykhis namun juga memerlukan fisik yang prima dengan tidak lupa mendoakan Kabupaten Pati agar menjadi ‘baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur’.

Setelah mengakhiri sambutannya, bupati melepas 1665 orang jamaah calon haji kabupaten pati yang terbagi dalam 6 (enam) kloter, yakni kloter 39, 88, 89, 90, 91 dan 92 yang ditandai dengan pengalungan surban identitas Kabupaten Pati kepada perwakilan jamaah. (Athi’/bd)