Jajaran ASN Kankemenag lebih dekat dengan masyarakat

Pemalang – Berada di ketinggian sekitar 710 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Masjid Nurul Huda Dusun Limbangan Desa Plakaran Kecamatan Moga, Kankemenag Kabupaten Pemalang mengadakan sholat Subuh bersama dan pemberian bantuan (10/7). Hawa dingin tidak menyurutkan niat tulus ASN jajaran Kankemenag untuk bersilaturahmi dan berbagi di daerah yang berjarak sekitar 48 kilometer ke arah selatan dari kantor.

“Kami dari Kankemenag Kabupaten Pemalang beserta jajaran MUI Kabupaten Pemalang dan Muspika Kecamatan Moga bersilaturahmi ke Dusun Limbangan semata-mata hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Alhamdulillah karena semangat ingin mencari yang terbaik kami bisa sholat Subuh di sini.” Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Taufik Rahman.

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Kankemenag, yang notabene instansi vertikal, terhadap masyarakat Kabupaten Pemalang. Dan selama bulan Ramadhan, Kankemenag lebih memperbanyak kegiatan pemberian bantuan. Selain sholat Jum’at bersama seperti bulan-bulan sebelumnya, Kankemenag juga mengadakan kegiatan sholat Subuh dan sholat Isya serta Tarawih.

“Kami punya program sholat bersama dikandung maksud kami mempunyai tanggung jawab untuk membina silaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Pemalang, tidak hanya duduk-duduk di kantor. Niat kami murni silaturahmi dan sedikit berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan dan masjid yang kami singgahi dengan harapan untuk memotivasi agar masyarakat mau menjaga masjid tersebut” jelasnya.

Terkait dengan bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan berakhir, Taufik mengajak kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan ibadah, amal soleh, introspeksi diri, dan memohon ampunan. Dia juga menghimbau agar masyarakat tidak usah bingung menentukan hari raya Idul Fitri. Karena pada saatnya nanti Menteri Agama akan mengumumkan jatuhnya tanggal 1 Syawal 1436 H.

Sudah menjadi budaya di Indonesia, menjelang bulan Ramadhan berakhir banyak masyarakat yang akan kembali ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Hal ini juga bisa membawa hal-hal yang tidak baik dari tempat rantau ke kampung halaman. Untuk itu Taufik mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga keluarganya dari pengaruh negatif.

“Selalu jaga keluarga kita dari bahaya narkoba dan pornografi. Bentengi anak cucu kita dengan ilmu agama. Bila perlu sekolahkan mereka di madrasah serta madrasah diniyah. Kelak ilmu agama yang mereka peroleh bisa menjadi bekal saat mereka dewasa.” tuturnya.

Total bantuan yang diberikan untuk lembaga dan masyarakat di Kecamatan Moga pada kegiatan ini adalah Rp10.150.000. Masing-masing dibagikan untuk takmir masjid Nurul Huda, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Kecamatan Moga, dan 37 orang mustahik. (Fajar)