Jajaran Kemenag Pati Ikuti Upacara Virtual Peringatan Harsak

Jajaran Kemenag Pati Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pati – Jajaran pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati yang dipimpin oleh Ali Arifin pada Kamis (01/10/2020) pukul 08:00 WIB mengikuti upacara virtual peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur.

Pelaksanaan upacara virtual ini sesuai dengan Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 pada Kementerian Agama.

Upacara virtual di Kantor Kemenag Pati dilakukan di Gedung Aula kantor setempat. Jajaran pegawai sudah mengambil posisi berdiri menghadap layar proyektor yang menampilkan secara live melalui kanal youtube Kemendikbud pada detik-detik menjelang upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diinspekturi oleh Presiden Republik Indonesia: Ir. H. Joko Widodo.

Tanggal 01 Oktober ditentukan sebagai Hari Kesaktian Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967. Keputusan ini dikeluarkan setelah peristiwa penculikan dan pembantaian terhadap 6 Jenderal dan 1 Letnan pada malam 30 September  hingga dini hari 01 Oktober 1965 oleh kelompok anti Pancasila. Korban kekejaman peristiwa itu antara lain: Jenderal TNI (Anumerta) Achmad Yani, Letjen (Anumerta) Suprapto, Mayjen (Anumerta) M.T. Haryono, Letjen (Anumerta) Siswondo Parman, Mayjen (Anumerta) D.I. Pandjaitan, Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomihardjo, serta Letnan Satu Corps Zeni (Anumerta) Pierre Andreas Tendean. Ketujuh orang tersebut diberi gelar kehormatan Pahlawan Revolusi.

Pelaksanaan upacara dimulai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan revolusi, dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila dipimpin oleh Ketua MPR RI, penaikan Bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Pembukaan Undang Undang Dasar oleh Ketua DPD RI, pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI, dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama RI.

Tampak jajaran pegawai Kantor Kemenag Pati mengikuti rangkaian upacara secara khidmat. Secara terpisah, Kakankemenag Pati, Ali Arifin mengucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang ke- 51 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pati, khususnya umat beragama di Kabupaten Pati.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang bertemakan “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” tersebut, Ali Arifin mengucap syukur dalam masa pandemi Covid-19 masih dapat melaksanakan upacara walaupun secara virtual.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai bukti bahwa ideologi Pancasila tidak dapat tergantikan. Kemajemukan Indonesia diatur secara baik dalam nilai-nilai Pancasila. Semoga para pahlawan yang gugur diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya. (at)