Jamaah Calon Haji Kabupaten Temanggung Dilepas

TEMANGGUNG- Jamaah calon haji kabupaten Temanggung tahun 2017 secara resmi telah dilepas oleh Bupati Temanggung, Bambang Soekarno  (19/7) di Graha Bhumi Phala Temanggung.  Acara penglepasan Jamaah calon Haji ini dihadiri oleh Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Camat, Kepala KUA se-Kabupaten Temanggung.

Bupati dalam sambutannya mengatakan berangkat menunaikan ibadah haji harus dilandasi dengan  kesabaran yang tinggi, niat hati yang suci dan mengikuti segala aturan serta petunjuk tentang tata cara beribadah haji. Dengan demikian pada saat nanti, ibadah haji bisa dilaksanakan  sebaik-baiknya, sehingga mendatangkan kepuasan beribadah dan  berpredikat haji mabrur.   Menurut Bupati, dalam beribadah haji di tanah suci Mekkah  banyak godaan, cobaan dan rintangan  yang menuntut  untuk bersikap sabar dan lapang dada. Dicontohkan, beberapa rangkaian ibadah haji acapkali dalam pelaksanaannya mengalami perubahan waktu  berjam-jam dari waktu yang dijadwalkan. Hal itu  harus diterima dengan hati ikhlas dan sabar.

Lebih lanjut Bupati  meminta kepada para calon haji agar melaksanakan ibadah haji dengan dilandasai niat hati yang suci semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Dikatakan,  dengan dilandasi niat hati yang suci niscaya segala rangkaian ibadah haji akan terasa ringan dan mudah serta akan mendatangkan rasa kebahagiaan yang luar biasa. Mengapa demikian karena  berangkat haji  dengan hati yang ikhlas ujarnya maka akan dapat berkomunikasi  dengan Allah SWT lebih  intens dan dekat.

Oleh karena itu, mulai sekarang para calon jemaah haji mulai menata hati  melatih kesabaran, sehingga segala godaan, cobaan dan rintangan yang ditemui di tanah suci kelak  bisa dilalui dengan selamat, pintanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Saefudin menjelaskan , jumlah jamaah calon haji 2017 sebanyak  568 orang. Menurut pekerjaannya dari 469 calon haji yang terbanyak petani   133 orang,  PNS 107, Swasta 74, pensiunan 59, pedagang 43, ibu rumah tangga 39, TNI/POLRI 9 dan BUMN 5 orang.  Para calon haji  terbagi dalam 3 kloter yaitu kloter 14 sebanyak 354 orang  berangkat  tanggal  31 Juli 2017, kloter 61 sebanyak  77 orang dan kloter 62 sebanyak 278 berangkat tanggal 15 Agustus 2017. Baik kloter 14, 61 dan 62 akan diberangkatkan  dari  pendopo pengayoman menuju asrama haji Donohudan Solo.(sr/Af)