Janji di Malam Inagurasi

Surakarta – Ada satu sesi kegiatan yang menarik sekaligus krusial dalam pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik Kelas VII Program Khusus MTsN 2 Surakarta di Markas Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Kostrad, Rabu (7/11). Dimana dalam kegiatan ini peserta didik diajak untuk merenungi tugas dan kewajibannya sebagai peserta didik serta memahami makna nasionalisme. Kegiatan itu adalah malam inagurasi.

Malam inagurasi dilaksanakan di sebuah tanah lapang yang telah didesain sedemikian rupa untuk menunjang visualisasi kegiatan. Tampak di tengah lapang tertata tumpukan kayu untuk api unggun, dibeberapa titik sudah tertancap kembang api, dan sebuah panggung kecil yang sudah terpasang bendera merah putih.

Dalam sambutannya, Joko Wahono selaku wakil kepala madrasah mengatakan bahwa malam inagurasi merupakan malam penting sebagai upaya untuk membentuk karakter anak-anak.

“Anak-anakku, ikuti dengan sebaik-baiknya kegiatan malam inagurasi ini. ini adalah malam yang penting untuk memperkuat karakter kalian. Jangan takut gelap, karena dengan gelap kalian akan bisa merenung dan memahami jati diri kalian”, pesan Joko.

Para peserta diajak merenung tentang perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan sifat nasionalisme dan patriotisme dalam diri peserta didik. Dan secara bergantian peserta didik disuruh untuk mencium bendera merah putih sebagai simbol kecintaan kepada bangsa dan Negara.

Sebelum api unggun dinyalakan, sebanyak tujuh perwakilan peserta maju ke depan dengan mengambil posisi melingkari api unggun. Di tangan mereka membawa obor yang akan digunakan untuk menyalakan api unggun tersebut. Ketujuh peserta itu secara bergantian menyalakan api unggun sambil mengucap janji dan ditirukan oleh semua peserta.

Sambil menyalakan api unggun janji mamal inagurasipun diucapkan oleh seluruh peserta didik adalah : Bertaqwa kepada Tuhan YME, Mematuhi segala peraturan dan tata tertib madrasah, Patuh terhadap guru dan orang tua, Saling menghormati dan menghargai seluruh teman, Disiplin jujur dan bertanggung jawab, Menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungan madrasah, Menjaga nama baik keluarga besar MTsN 2 Surakarta.

Malam inagurasi ditutup dengan kegiatan pentas seni. Pentas seni menampilkan kreatifitas peserta didik. Secara bergantian mereka maju ke depan untuk menunjukkan keahlian mereka. (sdq-rma/bd)