Persiapan Try out UNBK 2017 MAN Demak

Demak – Ujian nasional yang diusung pada tahun 2017 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, ujian kali ini menggunakan computer sebagai Media yang menggantikan kertas soal dan lembar jawab.

Ini merupakan try out pertama berbasis komputer yang dilaksanakan mulai hari senin sampai dengan Jum’at (3/3) oleh MAN Demak. Dalam try out ini dihadiri oleh H. Pribadi Pengawas dari kementerian Agama Kabupaten Demak. (03/03).

Hal ini  juga terjadi di MAN Demak sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Ujian sendiri dilakukan di laboratorium komputer yang terdiri atas 4 ruang. Dikarenakan banyaknya siswa serta kurangnya komputer menjadikan try out dan ujian  dilakukan secara bergilir menjadi 3 sesi dengan waktu lebih kurang 2 jam dengan per soal 3 menit. Sesi pertama mulai pukul 7:30 – 9:30, sesi kedua mulai pukul 10:00 – 12:00, sesi ketiga mulai pukul 12:30 – 14:30.

Menurut  Suprapto selaku Kepala sekolah MAN Demak menerangkan, setiap harinya hanya satu mata pelajaran yang di ujikan. Sebelumnya siswa juga sudah diberikan bekal dan sosialisasi mengenai pelaksanaan simulasi UNBK ini. Soal ujian simulasi UNBK kata dia diberikan oleh pusat. “Kami juga belum tahu soalnya seperti apa, yang jelas soalnya dibuat dalam paket yang berbeda. Jadi antar komputer dan siswa itu tidaklah sama,” terangnya.

“Jadi kami pada pelaksanaan try out hanya melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Pada pelaksanaan ujian simulasi UNBK pun siswa kelas X dan XI tetap belajar, karena simulasi UNBK menggunakan laboratorium komputer,” jelasnya. (rn/tgh)