Jaring Siswa Berprestasi, MTsN Windusari Adakan Try Out UN untuk SD/MI

Magelang – MTsN Windusari menyelenggarakan Try Out Ujian Nasional bagi siswa SD/MI yang diikuti oleh 386 siswa dari 25 SD/MI di kecamatan Windusari, Minggu (2/4).

Kontributor Eko Mardiyanto menyampaikan bahwa Try Out tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para siswa SD/MI dalam mengukur kemampuan dan kesiapannya menghadapi Ujian Nasional/Sekolah, sekaligus sebagai media untuk menjaring siswa berprestasi agar tertarik masuk ke madrasah.

“Melalui Try Out kita ingin menjaring siswa berprestasi di kecamatan Windusari agar tertarik dan melanjutkan pendidikannya di MTs N Windusari,” kata Eko.

“Antusias masyarakat sangat tinggi, terbukti peserta TryOut mencapai 386 siswa. Sebagian besar mereka diantar oleh para guru pendamping atau orang tua mereka. Ini menunjukkan perhatian mereka kepada MTsN Windusari sangat besar,” tuturnya.

Dalam Try Out itu, para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dengan jumlah soal 80 butir soal dalam waktu 2 jam. Sebanyak 9 ruang dengan 2 orang Pengawas setiap ruangnya disiapkan untuk menjamin mutu Try Out tersebut.

“Kita ingin memberikan wawasan dan membangun citra madrasah yang berkualitas terhadap calon peserta didik,” katanya.

“Untuk memeriahkan kegiatan tersebut kita menampilkan pertunjukan drumband, band dengan performance Bapak/Ibu Guru, serta para siswa. Uniknya,  gitaris dari guru ini pernah viral karena mengaransemen lagu Hymne Guru versi rock, serta penampilan,” lanjutnya.

Eko melanjutkan ekstrakurikuler band MTsN  Windusari rajin mengunggah hasil karyanya ke Youtube, dan mendapat apresiasi posotif dari masyarakat pengguna internet. 

“Selain band kita juga memiliki grup rebana yang banyak tampil dalam kegiatan masyarakat,” lanjut Eko.

Siswa terbaik dalam TryOut tersebut mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 200 ribu s.d. Rp 300 ribu serta voucher untuk PPDB sebesar RP 200 ribu.

Siswa peraih Juara 1 s.d. 3 adalah sebagai berikut. 1)  Rahma Nabila Fatin, SDN Gandusari 2 dengan nilai 92.50, 2). Fika Raya, MI Kentengsari, dengan nilai 90,00 3) Ahmad Kahilul Aroby, SDN Gondangrejo, dengan nilai 88,75, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 200 ribu.

Meskipun baru pertama kali mengadakan kegiatan tersebut, Eko berpendapat kegiatan TryOut yang dimeriahkan oleh unjuk prestasi para siswanya, mampu menarik simpati para orang tua untuk melanjutkan pendidikannya di MTsN Windusari.

“Kepercayaan masyarakat terhadap madrasah mendorong kita untuk kreatif dalam menarik simpati mereka. Dengan bantuan berbagai pihak khususnya sponsor seperti, alhamdulillah kegiatan berjalan lancar,” tegas Eko. (tut-m45k-Af)