Jateng Terima Naskah Soal Rekrutmen Petugas Haji Tahap Awal

Semarang (PHU) – Dalam persiapan tes kompetensi tahap awal rekrutmen calon petugas haji tahun 1439 H/ 2018 M, Panitia Rekrutmen Petugas Haji Provinsi Jawa Tengah menerima berkas naskah soal rekrutmen petugas haji yang telah diambil dari Jakarta. Serah terima dilakukan oleh Sholikhin selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah kepada Zainal Fatah selaku Sekretaris Panitia Rekrutmen Petugas Haji di ruang kerja Kabid PHU, Senin (26/03).

Adapun naskah soal nantinya akan digandakan sesuai calon peserta tes dan akan didistribusikan ke masing-masing daerah Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah. Penerimaan berkas naskah soal isinya dilaporkan dalam kondisi baik.

"Berkas naskah soal yang diterima terdiri dari naskah soal test calon petugas haji formasi PPIH Arab Saudi Pelayanan Umum dan TPHI, formasi PPIH Arab Saudi Pelayanan Ibadah dan TPIHI, formasi PPIH Arab Saudi Pelayanan Pengelola Data dan Siskohat, yang semuanya dilengkapi lembar jawaban; kunci jawaban untuk semua soal; tata cara penilaian seleksi; serta contoh rekapitulasi calon petugas haji," kata Zainal.

Mengingat naskah soal merupakan dokumen negara, Zainal memastikan keamanan dan kerahasiaannya hingga nanti soal disebarkan sesuai jadwal yang ditentukan.

Dalam penyerahan berkas soal, lembar jawaban dan kunci jawaban akan dilengkapi dengan Berita Acara penyerahan berkas dan penandatanganan pakta integritas. Ini dikandung maksud agar pelaksanaan tes benar benar bersih, soal steril, dan tidak ada kebocoran soal.

"Nantinya berkas naskah soal mulai didistribusikan oleh petugas ke masing-masing daerah pada tanggal 28 Maret dan diterimakan ke petugas perwakilan dari Kabupaten dan Kota pada tanggal 29 Maret 2018 dini hari," pungkasnya. (djs/gt)