Jelang Cuti Lebaran, ASN Agar Hidup Sederhana dan Utamakan Layanan

Mungkid –  Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bersikap sederhana dan tidak larut dalam euforia lebaran, dengan bersikap komsumtif.  ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya dengan tetap ramah dan hidup sederhana. Pesan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Mad Sabitul Wafa, pada apel pegawai, Jumat, (8/6) di halaman Kantor Kemenag.

“Bahwa selama cuti lebaran yang panjang, ASN tetap dalam hidup sederhana tidak berlebihan. ASN senantiasa memberikan contoh kepada masyarakat di lingkungannya dengan ramah dan sederhana karena ASN itu diminta hidup sederhana,” kata Mad Sabitul Wafa.

Dengan adanya Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H, Wafa berpesan kepada semua ASN agar pelayanan baik sebelum cuti maupun sesudah cuti tetap menjadi yang utama. Wafa mengingatkan agar ASN tidak hanya berkutat pada masalah teknis saja dan mengabaikan layanan masyarakat.

“Jangan abaikan layanan masyarakat. Jangan hanya berkutat dengan masalah teknis, kemudian kita melupakan layanan masyarakat. Semua lapisan dari yang tidak bisa menulis, sampai dengan yang pandai semua membutuhkan pelayanan kita, sehingga berikan pelayanan terbaik kepada semua yang membutuhkan,” pesannya.

Kepada semua ASN Wafa menyampaikan bahwa ada pengawasan internal terkait dengan penegakan disiplin pegawai, yakni H-2 sebelum Cuti, dan H+2 setelah Cuti. Kepada semua ASN agar menaati ketentuan jam kerja dengan baik.

“Dengan adanya cuti lebaran yang panjang, dihimbau tidak mengajukan cuti atau izin lainnya kecuali sakit. Setelah cuti berakhir agar tidak boleh ada yang terlambat apalagi tanpa keterangan karena ada pengawasan internal,” paparnya.

Wafa mewanti-wanti agar ASN tidak banyak meninggalkan tempat kerja dengan alasan yang tidak penting, jika terpaksa harus sepengetahuan atasan langsungnya. Ia berharap tidak ada persoalan karena ketidaktahuan ASN atau karena ketidaksengajaan.

“Saya sudah mewanti-wanti mohon untuk diperhatikan betul agar apa yang kita lakukan menjadi baik,” tegasnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Wafa berpesan kepada semua ASN agar sebelum meninggalkan kantor dapat mengamankan barang-barang elektronik, mematikan perangkat, dan meninggalkan kunci pada petugas Keamanan. Untuk KUA dan Madrasah agar meningkatkan pengawasan keamanan sehingga terhindar dari kejadian pencurian sebagaimana sering terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.(am/sua)