Jelang Idul Qurban, Kemenag Sosialisasikan Penyembelihan Halal

Karanganyar – Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam mengadakan Sosialisasi Penyembelihan Halal, Perwakafan dan Rosydul Kiblat. Sosialisasi penyembelihan halal tersebut dilatarbelakangi dari inspeksi Tim Penyelenggara Syariah Kemenag Karanganyar yang mendapatkan beberapa rumah penyembelihan kurang memperhatikan pemotongan hewan sesuai syariat. Disamping itu, kegiatan ini juga sebagai bekal penyembelih hewan dalam memotong sapi atau kambing di hari Raya Idul Adha 1437 H mendatang.

Seperti yang disampaikan oleh Penyelenggara Syariah Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Yusuf Iksanu Irham bahwa Kemenag dan Baznas ingin selalu hadir di tengah masyarakat, memberikan fasilitas dan pelayanan dalam penyembelihan.

“Tujuan kegiatan ini agar daging yang beredar dan dikonsumsi masyarakat adalah daging yang halal dan bersih. Oleh karenanya kami terus berusaha untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat terkait penyembelihan hewan yang sesuai syariat,” tegas Yusuf.

Lebih lanjut Penyelenggara Syariah mengatakan bahwa sosialisasi tersebut diharapkan dapat memahamkan penyembelih agar dapat memperlakukan hewan dengan cara yang ikhsan dan baik, terutama sapi ketika ingin dirobohkan.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula panti Aisyiah ini diikuti oleh 170 orang yang terdiri dari penyuluh agama islam, takmir masjid dan penyembelih hewan pada masing-masing kecamatan se-Kabupaten Karanganyar, Kamis (01/09).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama, Musta’in Ahmad, Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Ahyani yang menyampaikan materi tentang perkembangan wakaf di Indonesia, Perwakilan dari BPN, Joko Purwanto yang menyampaikan prosedur mengurus pensertifikatan tanah wakaf, Pimpinan Baznas, Abdul Muid yang menyampaikan materi seputar kemasjidan, Pengasuh Ponpes Nurul Islam Sukoharjo, Ust. Ahmad Farid yang akan menyampaikan seputar penyebelihan hewan sesuai syariat, Mbah Joyo dari dinas peternakan yang akan menyampaikan cara penyembelihan hewan secara ikhsan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad mengapresiasi Baznas Kabupaten Karanganyar yang telah mensponsori kegiatan sosialisasi penyembelihan halal. Hal ini tidak terlepas dari pendapatan Baznas Kabupaten Karanganyar yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Bulan lalu Baznas Karanganyar memperoleh zakat/infak/shodaqoh mencapai delapan ratus lima puluh lima juta rupiah yang sebagian besar dari PNS. Ini merupakan kekuatan kita untuk membangun dan meningkatkan kualitas ibadah,” ucap Musta’in.

Lebih lanjut Kepala Kantor mengatakan bahwa faktor kesejahteraan menjadi salah satu pemicu terjadinya keresahan sosial, oleh karenanya ia berharap Baznas dapat mengoptimalkan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kabupaten Karanganyar. (hd/gt)