Jelang Pilkada, Kondusivitas Masyarakat Perlu Dijaga

Rembang (Inmas) – Tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik yang akan melibatkan partisipasi semua masyarakat Indonesia. Mendekati pelaksanaan, berbagai persoalan kerapkali muncul. Oleh karena itu, diperlukan peran semua pihak terkait untuk mengkondisikan masyarakat agar tetap aman dan damai.

Demikian mengemuka dalam kunjungan Polres Rembang bersama MUI Kecamatan Lasem di Kantor Kemenag Kabupaten Rembang, Senin (9/4). Hadir dalam kunjungan tersebut, Staf Kasatbinmas polres Rembang, Agus Riyanto, Ketua MUI Lasem, KH. Agus Naufal, dan dua pengurus MUI, KH Hamdi dan Arif Dimyati.

AKP Didik mengatakan, kunjungan bertujuan menggandeng Kementerian Agama Kabupaten Rembang untuk turut serta menciptakan suasana masyarakat yang aman dan kondusif. Selain Kemenag, pihaknya juga akan menggandeng FKUB Kabupaten Rembang.

“Kegiatan ini merupakan program dari Polri yang akan kami wujudkan dalam bentuk sosialisasi dan silaturahim ulama, umara’, dan masyarakat Kecamatan Lasem. Dalam acara ini, kami mohon Kemenag juga turut memberikan pembinaan kepada masyarakat,” kata Didik.

Sementara Ketua MUI Lasem, KH Agus Naufal mengatakan, Kemenag mempunyai peran yang luar biasa untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. “Keberadaan penyuluh Agama yang ada di setiap kecamatan bisa dioptimalkan untuk memberikan arahan kepada masyarakat agar bersikap tenang dalam menghadapi Pilkada nanti,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah mengatakan, pihaknya berkomitmen berperan serta menciptakan masyarakat yang rukun dan damai.

“Hal ini memang seiring dengan Visi dan Misi Kementerian Agama, yaitu menciptakan Memantapkan kerukunan intra dan antar umat beragama. Utamanya dalam Pilkada, ada saja isu-isu yang bermuat SARA,” katanya.

Rencananya, silaturahim ulama, masyarakat, dan umara’ Kecamatan Lasem ini akan diadakan Kamis (12/4) mendatang di Pendopo Kecamatan Lasem — ss/bd