Jelang PTS PAS, Penyusun dan Pemandu Ikuti Pembekalan

Pemalang – Untuk memberikan pembekalan dan penyusunan kisi-kisi dan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS), Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI) Kabupaten Pemalang mengadakan pembekalan kepada 102 guru yang terdiri dari 83 penyusun naskah dan 19 pemandu dari MI Se-Kabupaten Pemalang. Kegiatan yang juga dihadiri oleh seluruh Pengawas MI dilaksanakan di MIN Sugihawaras, Rabu (23/8).

Para penyusun naskah kisi-kisi dan soal serta para pemandu setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan memiliki pengembangan wawasan pengetahuan dan juga penyamaan promes prota yang sama antar MI se-Kabupaten Pemalang.

Demikian dijelaskan oleh Tusiyati, Pengawas MI Kecamatan Pulosari dan Belik selaku narasumber kegiatan. Dia menyampaikan materi pedoman penyusunan kisi-kisi dan soal yang meliputi kaidah penulisan soal pilihan ganda, isian, dan uraian, serta penilaian. Semua harus menjadi pedoman bagi penyusun maupun pemandu tiap mapel atau tema.

“Kurikulum yang digunakan untuk kelas 1, 2, 4, dan 5 adalah Permendikbud nomor 20 – 24 tahun 2016. Untuk kelas 3 dan 6 berdasarkan Permendikbud nomor 22, 23 tahun 2006. Adapun mata pelajaran agama Islam kelas 1 sampai 6 berdasarkan PMA nomor 165 tahun 2014. Buku yang digunakan dari Kemendikbud dan Kemenag RI serta buku referensi lain yang relevan,” jelas Tusiyati.

Mewakili Ketua Pokjawas, Nahdiyin selaku Korwas MI berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan dengan baik. Guru yang ditunjuk sebagai penyusun naskah atau pemandu merupakan pilihan. “Pemandu harus lebih paham dari penyusun, maka ikutilah materi yang disampaikan narasumber,” pesan Nahdiyin.

Sesuai kalender pendidikan tahun pelajaran 2017/2018 yang ditetapkan oleh Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, PTS akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 30 September 2017. Sedangkan PAS akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 9 Desember 2017. (tus/fi/rf).