Jelang Ujian Siswa MIN 3 Tegal Gelar Istighotsah

Tegal (Slawi) – Seluruh guru dan siswa MIN 3 Tegal dengan khusyu mengikuti istighotsah dan doa bersama untuk mendoakan siswa Klas VI yang seminggu lagi akan melaksanakan UAMBD dan USBN tahun pelajaran 2018/2019. Dengan didampingi guru kelas mereka mengikuti seluruh rangkaian acara mulai shalat duha bersama, pembacaan istighotsah dan mendengarkan ceramah motivasi dari motivator. Acara ini berlangsung di Aula MIN 3 Tegal pada Hari Sabtu(30/3) pagi sampai tengah hari.  

Dalam acara tersebut dibacakan istighotsah Rotibul Haddad yang bersumber dari Alquran. Sekhudin, guru dan ketua bidang kesiswaan menyampaikan tausiyahnya mengenai Rotibul Haddad. “ Rotibul Haddad ini sumbernya dari Alquran, mudah-mudahan dengan membaca Rotibul Haddad, Allah akan memberikan kemudahan terhadap seluruh urusan kita, hati kita semakin dekat dengan Allah, dan apa yang menjadi hajat kita mudah-mudahan tercapai dengan izin Allah,” ungkap Sekhudin.

“Istighotsah sendiri merupakan ikhtiar manusia setelah berusaha sekuat misalnya dengan mengikuti les privat dan juga beberapa kali try out maka istighotsah ini merupakan ikhtiar bathin, Dalam bahasa Jawanya ndepe-ndepe memohon agar dikabulkan apa yang menjadi hajatnya” imbuhnya. 

Sementara kepala MIN 3 Tegal, Amirudin dalam sambutannya mengingatkan agar siswa tidak takut menghadapi ujian. “ Kalian jangan berpikir ujian itu menakutkan , tetapi harus menganggap bahwa ujian itu menyenangkan. Jika diumpamakan ujian ini adalah suatu penyakit maka penyakit itu harus diobati, berpikir jernih akan membuat kita lebih nyaman, oleh karena itu tetap santai dan jangan lupa selalu belajar dan berdoa karena selama enam tahun belajar di MI maka ibarat pertandingan ini adalah finalnya” kata Amirudin.

Sehari sebelumnya pihak madrasah juga melakukan audiensi dengan orang tua siswa untuk memastikan orang tua ikut berperan dalam mengawasi putra-putri mereka agar serius menghadapi ujian tahun ini. Karena selain belajar yang rajin juga diperlukan pengawasan orang tua terhadap gangguan dari luar yaitu maraknya HP di kalangan pelajar.(gus27)