Jemaah Haji Gelar Doa Bersama Peringati HUT RI

Makkah – Peringatan HUT RI tak hanya dirayakan oleh masyarakat Indonesia di tanah air. WNI yang berada di luar negeri juga turut memperingatinya, di antaranya jemaah haji Indonesia, utamanya asal Rembang.

Pada Jum’at pagi (17/7/2018), jemaah haji yang tergabung dalam kloter 63 mengadakan doa bersama dalam rangka memperingati HUT RI ke-73. Doa  diadakan di maktab dipimpin oleh KH Ubab Maimun.

“HUT RI ini bertepatan dengan hari Jum’at, sebuah hari yang istimewa. Kami di sini bersama-sama turut hormat pada negara kami dengan memperingatinya sebisa kami,” kata petugas haji kloter 63, M. Afiq ketika diwawancara pagi tadi langsung dari Makkah Al-Mukarromah.

Afiq mengatakan, doa bersama itu digelar pada pagi hari setelah senam dan sarapan. Sebelum berdoa, jemaah terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Dengan kompak, kami bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan terharu bisa merayakan dan memanjatkan doa untuk Indonesia di sini, di tanah suci,” kata Afiq.

Adapun KH Ubab Maimun Zubair didapuk memimpin do’a bersama. Dalam doanya, beliau menyampaikan beberapa hal, antara lain, negara Indonesia tetap kondusif dan diberi seorang pimpinan yang mampu mengayomi semua masyarakat Indonesia. Beliau juga berdoa agar jemaah haji Indonesia, khususnya dari Rembang diberi kelancaran, kekuatan, dan kesehatan melaksanakan serangkaian rukun dan wajib haji hingga bisa kembali ke tanah air dengan selamat.

Afiq menyampaikan, hingga kini semua jemaah asal Rembang dalam kondisi  sehat. “Sementara ini belum ada yang dirawat di RS, kendati yang golongan lansia lumayan banyak,” ujarnya.

Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah menyampaikan apresiasi kepada jemaah haji yang  berinisasi menggelar doa bersama. “Semoga doa para jemaah haji di tanah suci diijabahi oleh Allah SWT,” ujarnya.– iq/bd