Jemaah haji, jaga komunikasi dan koordinasi

Pati – Serangkaian pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pati telah selesai dilaksanakan selama 3 hari berturut turut (26 s.d. 28 Agustus 2015 ). Sebanyak 1.215 CJH yang terdiri dari 448 kloter 18 dan 19 yang merupakan kloter pertama asal Kabupaten Pati diberangkatkan pada Rabu (26/8) pukul 09.00 dan pukul 14.00 WIB, kemudian berturut turut 355 CJH Kloter 20 dan 355 CJH kloter 21 diberangkatkan Kamis (27/8) pukul 03.30 dini hari dan pukul 11.00 Wib. Sedangkan sebanyak 57 CJH gabungan dari CJH Kab. Magelang di kloter 22 yang merupakan kloter terakhir Kabupaten Pati diberangkatkan Jum’at (28/8) pukul 03.30 Wib. Pemberangkatan tersebut langsung dilepas oleh Bupati Pati Haryanto. Semua Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Pati, dokumen dan berkasnya lainya tak ada yang bermasalah.

“Alhamdulillah CJH Kab. Pati semuanya bisa berangkat dan tak ada masalah dalam dokumen dan lainya,” kata Bupati Pati Haryanto usai melepas CJH di Halaman Pendopo Kabupaten Pati.

Haryanto mengatakan agar seluruh CJH asal Kabupaten Pati untuk tetap menjaga kesehatan, baik itu yang belum dan sudah berangkat. Selain itu juga, para CJH saat di Tanah suci jangan sampai terlepas dari kelompoknya.

“Intinya harus jaga komunikasi dan koordinasi baik sesama jemaah ataupun dengan para pembimbing,” ujarnya.

Lebih lanjut Haryanto berpesan agar para petugas kesehatan dan pembimbing untuk benar-benar bertanggungjawab dengan tugasnya masing-masing. Sehingga tidak ada jamaah haji asal Kabupaten Pati terlantar dan tidak terurus saat menjalankan ibadah haji.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Akhmad Mundakir menegaskan semua berkas dan dokumen jemaah lima kloter sudah beres. CJH yang berangkat menggunakan lima lebih ini sudah masuk ke embarkasi sesuai jadwal yang telah direncanakan.

“1.215 CJH tidak ada masalah visa, dan semuanya sudah selesai. Insya Allah siap berangkat semuanya,” tandasnya. (Athi’ M)