Kementerian Agama Bagian Dari Perangkat Kehidupan Bernegara dan Berpemerintahan Dalam NKRI

Tegal- Walikota Tegal, Nursholeh menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-73, Kamis (03/01) di Lapangan Alun-alun Kota Tegal.

Upacara HAB tersebut diikuti ribuan peserta, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Kota Tegal, Forkompinda, FKUB, MUI, Para guru, pelajar, ormas islam, tokoh agama, serta Banser dan Kokam.

Dalam sambutan tertulis Menteri Agama RI, Lukman  Hakim Saifuddin yang dibacakan oleh Walikota ditegaskan, bahwa Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu,  berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan di masyarakat, hal tersebut dilakukan agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antar umat beragama yang kian rekat.

Sementarai itu, kata Menteri Agama lagi, sejalan dengan tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama tahun ini yaitu “Jaga kebersamaan Umat”, Beliau mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, khususnya di tahun politik sekarang ini, untuk selalu menebarkan energi kebersamaan.

Di lokasi yang sama, KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan menyampaikan,  bahwa upacara HAB ke-73 di  Kota Tegal sangat sukses dan penuh khidmat, bahkan kami rencanakan setelah upacara, panitia akan melanjutkan rangkaian kegiatan HAB, diantaranya, jalan santai kerukunan, Zikir sekaligus tasyakuran serta kegiatan lainnya.

 Beliau berpesan kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Kota Tegal untuk terus meningkatkan kinerja dan prestasi serta memposisikan diri sebagai duta-duta kedamaian.

Kedamaian merupakan harapan setiap umat, apapun etnis dan agamanya. “Dengan Semangat HAB ke-73, diharapkan semua ASN Kemenag Kota Tegal senantiasa meningkatkan pelayanan dan kepekaan sosial,” ujar Farkhan. (IM/rf)