Jumat Bersih dan Renovasi Saung Jawara KUA Pejawaran

Banjarnegara – Kegiatan Jum’at Bersih merupakan acara rutin mingguan setiap KUA di Kabupaten Banjarnegara. Berbeda dengan biasanya, pelaksanaan Jum’at bersih di KUA Pejawaran kali ini (11/6) dilakukan lebih banyak orang yaitu gabungan pegawai KUA ditambah delapan orang penyuluh agama Islam Non PNS, karena selain bersih lingkungan juga merenovasi gazebo.

Di bawah arahan Kepala KUA Pejawaran, Tabah Agung Sokayani, kegiatan ini dimulai dengan pembagian tugas yang terbagi menjadi tiga kelompok. Pertama adalah kelompok yang membersihkan halaman depan kantor, yang kedua kelompok yang membersihkan kebun belakang kantor dan yang ketiga kelompok yang merenovasi gazebo.

“Agar kegiatan ini dapat berjalan tertib dan cepat selesai maka harus ada pembagian tugas. Dan yang terpenting kegiatan ini tidak boleh mengganggu pelayanan kantor kepada masyarakat,” ungkap Tabah.

Pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan keahlian khusus adalah renovasi gazebo yang sering disebut sebagai “Saung Jawara”. Gazebo sederhana berukuran 6,25 m2 bertiang bambu beratapkan karpet, plastik dan ilalang merupakan tempat duduk-duduk santai di sela jam istirahat.

Sebutan “Saung Jawara” dikarenakan berada dipinggir kolam ikan layaknya di warung makan saung. Sementara istilah “Jawara” diambil dari kata Pejawaran.

Tabah menjelaskan, “Walaupun sederhana, gazebo ini merupakan salah satu ikon KUA Pejawaran. Dengan kapasitas sekitar 10 orang, selain untuk bersantai, gazebo ini juga sering di gunakan untuk pertemuan penyuluh non PNS dan menerima tamu yang menghendaki untuk duduk di sini,” tuturnya.

Pengerjaan renovasi gazebo dikerjakan oleh penyuluh non PNS yang punya keahlian dibidang pertukangan, sedangkan anggarannya adalah swadaya dari pegawai dan para penyuluh.

“Saya sangat mengapresiasi para pegawai dan penyuluh. Karena perasaan memiliki, dengan sukarela mereka berswadaya berupa uang, tenaga dan barang, seperti  bambu dan kayu dalam merenovasi gazebo ini,” lanjut Tabah.

Tidak dipungkiri, daya tarik KUA Pejawaran adalah adanya “Saung Jawara” yang menyatu dengan kolam ikan dan kebun sayuran. Tidak mengherankan apabila kantor ini menyabet penghargaan bergengsi yaitu juara 1 Lomba K3 (Kebersihan, Ketertiban, Keindahan) Kantor Tingkat Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020 yang diadakan pada bulan Agustus tahun lalu. “Dengan capaian prestasi tersebut, kita punya tanggungjawab untuk mempertahankannya, karena mempertahankan lebih sulit daripada meraih”, pungkas Tabah. (AZ/mnh)