Jumlah Jemaah Wafat Debarkasi Solo Bertambah menjadi 35

Boyolali – Kabar duka kembali diterima oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, setidaknya ada 3 jemaah lagi yang dinyatakan wafat di Arab Saudi 2 diantaranya wafat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) dalam perawatan medis dan 1 wafat di pemondokan. Berawal dari pesan dalam media sosial Whatsapp grup petugas kloter yang isinya menyampaikan berita duka dengan dilampiri hasil foto Certifate of Death (CoD) yang kemudian terekan dalam aplikasi Sistem Informasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Generasi II meyakinkan pihak PPIH bahwa daftar jemaah wafatnya bertambah.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Noor Badi menjelaskan, memasuki pekan kedua masa pemulangan jemaah haji Debarkasi Solo telah menerima 9,661 jemaah yang terbagi dalam 27 kelompok terbang (kloter), sementara yang dirawat di Arab Saudi tercatat 13 jemaah, dirawat di Rumah Sakit Moewardi Surakarta sebanyak 2 jemaah dan 35 jemaah dinyatakan wafat di Arab Saudi.

“Hingga Rabu (28/09) 9,661 jemaah telah kembali ke Debarkasi Solo, 2 diantaranya terpaksa harus menjalani perawatan di RS. Moewardi dikarenakan alasan kesehatan, sedangkan yang dirawat di Arab Saudi tercatat 13 jemaah, sementara itu menurut data dari SISKOHAT tercatat 3 jemaah dinyatakan wafat menambah daftar jemaah wafat yang sebelumnya berjumlah 32, 2 diantaranya wafat di RSAS sedang yang 1 wafat di pemondokan,” ungkap Noor Badi.

Penyebab wafatnya 3 jemaah haji dikarenakan gagal jantung (cardiovascular diseases) dan ketiga jemaah yang wafat kesemuanya dari Provinsi Jawa Tengah.

“Ketiga jemaah yang dinyatakan wafat tersebut adalah DJAMIL BAHUDIN DJULAILI laki-laki (72 th) dari kloter 33 asal Kabupaten Magelang, SUGIMIN SASTRO WAGI laki-laki (69 th) kloter 69 asal Kabupaten Semarang dan SITI FATIAH TOEFUR perempuan (66 th) asal Kota Semarang,” lanjutnya.

Menurut informasi petugas kloter, setelah proses penyelesaian administratif ketiga jenasah jemaah haji Jawa Tengah segera dimakamkan di pemakaman sekitar Mekkah. (gt/gt)