MTs N 4 Rembang Adakan Sosialisasi ABAT  dan NAPZA

Rembang – Guna meningkatkan derajat kesehatan peserta didik dan penyebarluasan informasi kesehatan, MTsN 4 Rembang mengadakan  penyuluhan sosialisasi Napza dan HIV / AIDS. Sosialisasi ini diikuti oleh siswa kelas 7 pada Rabu ) 3/10/2018) di Musala Al-Ikhlas.

Penyuluhan kesehatan ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melalui Petugas Puskesmas Sumber yang diwakili oleh Rubiyanto dan Sri Dewi Lestari selaku nara sumber.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik dan penyebarluasan informasi kesehatan pada peserta didik tentang bahaya, serta pencegahan penyakit HIV/ AIDS, IMS dan NAPZA ( Narkotika Psikotropika Zat adiktif dan Obat-obatan terlarang).

Dalam kesempatan itu juga dijelaskan secara detail dan diskusi bersama siswa-siswi tentang pengertian, cara penularan baik HIV/ AIDS mapun NAPZA. “ Maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi ini agar peserta didik mengerti dan jelas sejak awal atau dini tentang penyakit tersebut,” kata Rubiyanto.

Sementara Sri Dewi menjelaskan, orang bisa mudah tertular penyakit jika kekebalan tubuh dirusak oleh virus HIV. Ada tiga cara penyaluran HIV antara lain : darah, saluran kelamin dan Asi. “Untuk Napza butuh penanggulangan dan pengawasan dari semu pihak,” kata Sri.

Waka kesiswaan Siti Suwaibah mengungkapkan bersyukur dengan adanya penyuluhan ini, karena bisa menjadi bekal dan benteng anak dalam menghadapi era milineal ini.

Para peserta didik nampak  antusias mengikuti sosialisasi ini. Suwaibah mengatakan, anak-anak agar selalu menjaga diri mereka agar terhindar dari Napza, sehingga terbebas dari HIV/Aids.–dwi/iq/bd