Ka. Kankemenag dan Ka. Rutan Tandatangani Kerjasama

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang siang ini (28/11) berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pemalang. Kehadirannya dalam rangka acara penandatanganan kerjasama.

Penandatanganan kerjasama dalam pembinaan agama bagi warga binaan pemasyarakatan antara Kepala Rutan dengan Kepala Kankemenag dilaksanakan di aula Rutan dengan disaksikan jajaran pegawai Rutan dan Penyuluh Agama Islam PNS Kankemenag.

“Terimakasih atas terselenggaranya acara, sebagai tindak lanjut MoU yang ditandatangani pada bulan Maret 2017. Sejatinya sudah ada beberapa program yang berjalan, namun perlu kita wadahi dengan perjanjian kerjasama.”

Demikian sambutan dari Kepala Rutan, Hisam Wibowo. Kankemenag melalui jajaran Penyuluh Agama Islam PNS secara rutin melaksanakan kegiatan pembinaan keagamaan kepada warga binaan pemasyarakatan setiap hari Selasa mulai jam 9.00-11.00 WIB. Kegiatan lainnya adalah penyelenggaraan sholat Jumat di masjid Rutan dengan khotib dan imam dari jajaran Kankemenag.

“Terimakasih kepada Kankemenag yang telah memberikan pembinaan agama kepada warga binaan, sebagai bentuk perhatian Pemerintah. Tidak hanya sekedar pengajian maupun sholat Jumat, bisa juga misal ada peringatan hari besar Islam diselenggarakan di Rutan. Semoga ke depan juga ada pondok pesantren di Rutan, untuk tahapan awal mungkin tidak setiap hari,” harap Hisam.

“Semoga dengan penandatanganan ini kerjasama yang telah baik akan lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya.

Kepala Kankemenag, Taufik Rahman mengatakan penandatanganan perjanjian kerjasama sebagai bentuk formalitas.

“Kerjasama ini secara formalitasnya, karena selama ini sudah berjalan. Harapan kami warga binaan bisa kembali ke masyarakat dengan hasil yang bagus, karya yang bagus. Para Penyuluh berikan materi agama yang ringan-ringan saja, sesuai dengan latar belakang warga. Semua agama pada dasarnya mengajarkan kebaikan, dan dengan agama bisa mempersatukan semua,” ujar Taufik.

Terkait harapan Kepala Rutan, Taufik mengatakan siap menindaklanjutinya. “Agenda pertama bisa kita awali dengan peringatan maulid nabi di Rutan. Nanti para Penyuluh akan memimpin jalannya acara,” jelasnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama oleh Kepala Rutan dan Kepala Kankemenag dan diakhiri dengan foto bersama jajaran Rutan dan Kankemenag. (fi/rf)