Ka. Kankemenag Kab. Pemalang Raih Penghargaan

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang menerima penghargaan atas sinergitas dan partisipasi aktif dalam bidang kamtibmas melalui binluh masyarakat kepada kelompok radikalisme-terorisme dan anti Pancasila di Kabupaten Pemalang dari Kepala Polres Pemalang.

Pemberian penghargaan dilaksanakan dalam acara coffee morning Kapolres Pemalang bersama FKUB dan MUI Kabupaten Pemalang tahun 2017 di Balai Bhayangkara Polres Pemalang, Selasa (26/09). Kegiatan dihadiri oleh Kapolres bersama pejabat utama Polres, Kepala Kankemenag, pengurus FKUB, pengurus MUI, dan Kepala Desa Pedurungan.

Acara diawali dengan sambutan dari Kapolres Pemalang, AKBP Agus Setyawan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenag, FKUB, MUI, para kyai, tokoh agama atas peran sertanya dalam menjaga perdamaian di Pemalang.

Agus menyebutkan saat ini sedang marak aksi pengumpulan massa. “Agar disampaikan kepada jamaahnya untuk tidak usah melakukan pengumpulan massa, kalau memang berempati sebisa mungkin melalui penggalangan dana atau mengirimkan relawan,” ujarnya.

Kedepan, lanjut Agus, akan ada pemilihan baik pilkada, pilgub, pilpres. Dia meminta untuk disampaikan kepada masyarakat agar dalam menyambut kegiatan tersebut dengan arif dan bijak, tidak mudah terpancing emosi dari isu atau berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya Kepala Kankemenag dalam sambutannya menjelaskan peran penting tokoh agama dalam menjaga perdamaian.

“Semua agama mengajarkan kebaikan, kebersamaan. Oleh karena itu para tokoh agama sangat mempunyai peran penting untuk mengarahkan umatnya. Tokoh agama bukan hanya bisa ceramah saja, tapi diharapkan bisa mengambil peran lebih penting untuk menjaga perdamaian,” jelas Taufik.

Taufik menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada jajaran Polres dan Kodim Pemalang atas partisipasinya dalam kegiatan Kemenag.

“Kami sering turun ke bawah seperti kegiatan sholat Jumat bersama serta memberikan pembinaan kepada umat Islam. Terima kasih kepada Kapolres dan Dandim yang telah turut serta memeriahkan, dari jajaran Polres dan Kodim menjadi khotib sholat Jumat. Ketika kita bersama akan lebih mudah menjaga keamanan di masyarakat,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan oleh Kapolres. Bukan hanya Kepala Kankemenag, Kapolres juga memberikan penghargaan kepada Surono Edi W. selaku Kepala Desa Pedurungan Kecamatan Taman atas komitmennya di bidang Kamtibmas.

Menurut keterangan Kasat Binmas, AKP Agus Salim, Kepala Kankemenag selama ini paling getol memperjuangkan program penangkalan paham radikalisme di Kabupaten Pemalang. Diantaranya melalui kegiatan workshop maupun kegiatan safari sholat Jumat, sholat Isya, sahur dan sholat Subuh bersama masyarakat. (fi/rf).