Ka. Kankemenag Pati Resmikan Penggunaan Gedung SBSN KUA Kec. Wedarijaksa

Pati – Kepala Kankemenag Pati Imron Rosyidi didampingi Kepala Seksi Bimas Islam Moh. Alimin, Ka. KUA Kec. Wedarijaksa Khotibul Umam dan Tokoh Agama setempat KH. Ali Mahmudan melakukan pengguntingan pita simbol peresmian Gedung SBSN Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Wedarijaksa yang telah rampung dibangun sejak 25 Juli hingga 21 November tahun 2018 lalu, Rabu (30/1/2019).

Peresmian gedung ini disaksikan oleh sejumlah pejabat dari instansi luar Kementerian Agama seperti Camat Wedarijaksa, Ka. Polsek Kec. Wedarijaksa, Danramil, Ka. Puskesmas Wedarijaksa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Konsultan serta Kontraktor Pelaksana, sejumlah Pimpinan UPT dan JFT Kankemenag Pati, Kepala KUA se-Kab. Pati dan JFU KUA Kec. Wedarijaksa.

Bangunan Gedung SBSN Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Wedarijaksa berdiri diatas tanah yang terletak di Kecamatan Wedarijaksa Kab. Pati dengan design yang begitu mewah menyatu dalam nuansa hijau dan warna alam yang begitu serasi, begitu apik dan terlihat begitu kokoh dengan pengawasan ekstra ketat dari berbagai pihak.

Ka.Subbag TU Kemenag Pati Ahmad Syaiku dalam laporan panitia penyelenggara mengatakan, Gedung baru KUA, Balai Nikah Dan Manasik Haji Kecamatan Wedarijaksa yang merupakan bantuan dari SBSN, sudah selesai pembangunannya. “hari ini (30/1) diresmikan penempatannya agar segera bisa dimanfaatkan karena frekuensi pelayanan bidang keagamaan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Wedarijaksa yang banyak. Dengan penempatan di gedung baru ini tentunya kualitas pelayanan bisa berjalan lebih baik dan efektif”, ungkap Syaiku.

Ka. Kankemenag Pati Imron Rosyidi dalam sambutannya menyampaikan, Sebagai bagian dari Kementerian Agama, Kantor Urusan Agama (KUA) mempunyai peranan penting dalam memberikan layanan terhadap masyarakat. Berfungsi sebagai layanan pencatatan pernikahan, manasik haji, dan penyuluhan agama, KUA menjadi garda terdepan dalam layanan publik instansi pemerintah berslogan Ikhlas Beramal, apa artinya gedung yang megah ini apabila tidak ada jiwa dan kesadaran untuk merawatnya, mudah untuk menciptakan tetapi yg sulit adalah menjaga dan merawatnya. untuk itu Ka.Kankemenag berpesan kepada Kepala KUA Wedarijaksa supaya gedung ini digunakan sebaik-baiknya demi pelayanan nikah dan manasik haji serta layanan-layanan KUA lainnya, pintanya.

Begitu juga apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi bagi pembangunan gedung SBSN yang baru ini. Imron berharap kiranya gedung ini benar-benar membawa manfaat dan kemaslahatan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kecamatan Wedarijaksa dan sekitarnya khususnya dalam memberi pelayanan dan bimbingan terkait persoalan Nikah, Rujuk. Begitu juga dalam hal manasik haji dan lain sebagainya, ujarnya.

Syukur dan alhamdulillah, demikian kata pembuka Kepala KUA Kec. Wedarijaksa Khotibul Umam saat kami konfirmasi seusai acara Peresmian Gedung KUA Kec. Wedarijaksa sembari menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama Republik Indonesia, Kanwil Kemenag Jateng dan Kankemenag Pati yang telah menganggarkan dan mengalokasikan pembangunan SBSN sejak tahun 2018 lalu dan alhamdulillah hari ini telah kita saksikan hasil pembangunannya. (Am/bd)