Kabag Kesra Lepas CJH Kloter Pertama Kota Semarang

Semarang – Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Semarang yang tergabung dalam Kloter 18 diberangkatkan dari Asrama Haji Transit Islamic Centre Manyaran Kota Semarang, Selasa (01/08) bakda salat subuh berjama’ah. Mewakili Walikota Semarang, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Semarang, Suparman melepas 354 CJH yang terdiri dari 8 rombongan. Pelepasan Kloter CJH pertama Kota Semarang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib, jajaran pejabat Pemkot dan Kemenag Kota Semarang serta pengelola Masjid Islamic Centre Manyaran.

Kabag Kesra Suparman berpesan kepada jemaah haji agar memantapkan niat dalam menunaikan ibadah haji semata karena ridha Allah SWT. “Jangan karena riya, pamer atau ingin mendapat gelar haji,” tegasnya.

Jemaah juga dipesan agar selalu menjaga kesehatan selama di tanah suci serta mengatur pola makan. “Kesehatan dan asupan makanan merupakan faktor penting agar dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna,” ujar Kabag Kesra. Ia juga berharap CJH Kota Semarang turut mendoakan kota dan warganya agar selalu tentram, damai, sejahtera dan hebat.

Sementara itu Kakankemenag Kota Semarang Muh Habib dalam laporannya menyampaikan, jumlah CJH Kota Semarang tahun 1438H/2017M terbagi dalam 7 kloter yaitu, kloter 18 berangkat Selasa (01/08), kloter 66 berangkat Rabu (16/08), kloter 67 sampai dengan 71 akan diberangkatkan Kamis (17/08).

“Menurut data beberapa minggu lalu, CJH Kota Semarang 1438H berjumlah 2108 tetapi karena ada yang meninggal, sakit dan alasan lain, saat ini jumlah CJH menjadi 2095, data ini dapat berubah setiap saat,” kata Kepala Kankemenag.

Habib mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya pemberangkatan jemaah haji di Kota Semarang. “Kepada para petugas dari pemkot, aparat kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, PJR, RAPI, pengelola dan petugas Masjid Islamic Center dan Asrama Haji kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya dalam pemberangkatan CJH Kota Semarang. Tak lupa terimakasih juga kepada jajaran Kemenag Kota Semarang yang telah melaksanakan tugas dengan baik.”

Selanjutnya Kakankemenag meminta kepada semua pihak untuk bersama ikut mendoakan agar penyelenggaraan haji tahun 1438H dapat berjalan dengan lancar, semua jemaah haji dapat pulang kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur.
Sesaat sebelum pelepasan CJH dilaksanakan do’a bersama dipimpin Muh Safari dilanjutkan kumandang adzan. Bacaan talbiyah dan lambaian tangan mengiringi jalannya 9 bus CJH kloter 18 yang dikawal oleh petugas PJR.(ch/gt)