Kabag TU, Bersamai ASN Kemenag Wonosobo Ikuti Peringatan Hari Pahlawan Secara Virtual

Wonosobo – Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Fajar Adhy Nugroho, bersamai ASN Kankemenag Kab. Wonosobo mengikuti upacara virtual peringatan Hari Pahlawan pada hari Rabu, (10/11) di Aula Kankemenag Kab. Wonosobo.

Berada dibaris paling depan, Fajar Adhy, terlihat didampingi oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, Kasubbag TU, Mahbub, dan Kepala Seksi PD Pontren, Muhammad Fakih Khusni.

Disela kesempatan tersebut, Fajar Adhy, sempat memberikan sambutannya, dengan mengapresiasi ASN Kankemenag Kab. Wonosobo yang telah melaksanakan peringatan Hari Pahlawan secara virtual,

“saya mengucapkan terimakasih kepada ASN Kemenag yang hadir, yang telah bersama-sama memperingati hari Pahlawan 10 November 2021. Indonesia Merdeka bukan hadiah cuma-Cuma tanpa pengorbanan. Banyak pahlawan yang gugur untuk merebutkan Kemerdekaan ini. Maka sudah sepantasnya kita mengingat jasa para Pahlawan kita,” kata Fajar dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia juga menyisipkan pesan perjuangan Pahlawan Nasional, dengan mengutip pesan dari Moh. Hatta yang mengatakan Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaiaan pulai di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan ibu pertiwi.

“Dari pesan tersebut, maka kita perlu sadara bahwa kesatuan dan persatuan warga negara yang ada di Indonesia memiliki andil yang sangat penting untuk menjaga kemerdekaan itu dan mewujudkan cita-cita bangsa. Kita tidak boleh bercerai atau tercerai oleh provokasi maupun perbedaan. Sejatinya Indonesia Merdeka bukan hanya perjuangan satu suku, satu daerah, atau satu agama saja. Melainkan kemerdekaan itu diperjuangkan bersama-sama,” tandasnya.

Usai memberikan sambutan dan upacara, Fajar Adhy, didampingi Ahmad Farid, lantas beranjak pindah ke Desa Kerukunan Umat beragama Janti, Wonosobo untuk menghadiri kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama bersama Gubernur Jawa Tengah.

Sebelum keberangaktan ke Desa Janti, Ahmad Farid, ditemui diruangnnya ia berpesan agar semangat Hari Pahlawan diharapkan mampu menjadi salah satu cambuk penyemangat ASN Kemenag untuk terus mengabdi untuk Negeri melalui pelayanan prima kepada Masyarakat,

“Prof. Moh. Yamin, SH melalui pesannya mengatakan bahwa cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri. Jadi jangan sekali-sekali melupakan sejarah,” pesan Farid.

Ia menambahkan, semangat, tekad dan keyakinan Pahlawan Nasional, harusnya dapat menjadi inspirasi dan mampu menggerakan kita dalam mengemban misi bersejarah yaitu mengahkan musuh bersama, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas,

“peringatan hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama bahu membahu dengan ikhlas dan tanggungjawab serta penghormatan atas jasa para Pahlawan, untuk memberikan kontribusi kita bagi bangsa dan negara sesuai kompetensi yang dimiliki masing-masing ASN,” tandasnya. Ps-ws