Kabid PAI Berikan Penguatan Organisasi ROHIS Jateng

Kabid PAI Imam Buchori (berdiri) menyampaikan materi penguatan rohis

Semaranh – Bangga bercampur bahagia karena Jawa Tengah adalah satu-satunya propinsi di Indonesia yang masih tetap eksis melaksanakan program pembinaan Rohis SMA/SMK meski di masa pandemi covid 19. Demikian diungkapkan Imam Buchori, Kepala Bidang PAI Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah saat membuka kegiatan Penguatan Rohis dan Guru Pembina Rohis SMA/SMK se-Jawa Tengah (17/11/ 2021) di Aula lantai 3 Kanwil Kemenag Jawa Tengah.

“Meskipun pandemi, Rohis Jawa Tengah tetap eksis dengan menggelar berbagai kegiatan webinar setiap bulan dan pesantren ramadhan,” ungkap Imam.

“Tentunya hal ini tidak lepas dari bimbingan dari pengurus DPW AGPAII Jawa Tengah, MGMP PAI SMA, SMK Jawa Tengah, Pembina Rohis Jawa Tengah. Bidang PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah memberikan mensupport, memberikan legalitas dan menfasilitasi seperti kegiatan penguatan pada hari ini,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Seksi PTK Diksus dan Plt. Kasi PTK SMA Disdikbud Jateng, Nur Sahid dalam sambutannya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh anggota Rohis Jateng yang telah memberi warna khas tersendiri sebagai generasi muslim yang berkarakter.

“Generasi yang kelak siap menjadi penerus mengisi dan membangun Indonesia menjadi Negara maju dan kuat berlandaskan akhlakul karimah,” tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua MGMP PAI SMA Jawa Tengah, Hery Nugroho, menyampaikan, hari ini kalian adalah pelajar dan pengurus rohis. Tapi ke depan kalian adalah pemimpin masa depan yang akan meneruskan estafet kepemimpinan.

“Saya berdoa, semoga ke depan dari alumni rohis Jateng ini ada yang jadi Presiden, Menteri, dan sebagainya yang amanah serta membawa kemajuan bangsa Indonesia . Karenanya, kalian harus bersyukur bisa ikut Rohis, khususnya yang menjadi pengurus rohis,” tuturnya.

Lebih lanjut Hery menjelaskan acara penguatan Rohis dan Pembina Rohis SMA/SMK Se-Jawa Tengah dikemas dalam bentuk penguatan materi, musyawarah Pengurus Rohis ke-2, laporan pertanggungjawaban pengurus periode sebelumnya, pemilihan pengurus yang baru, dan pembentukan ikatan alumni Rohis Jateng.

Dalam kesempatan tersebut juga digelar Musyawarah Guru Pembina Rohis yang pertama untuk menyamakan persepsi program kerja satu tahun ke depan dan persiapan Kemah Rohis Virtual Ke-3.

Sementara itu dalam materi penguatan diisi Ahmad Fadlol, Koordinator Bidang Pembinaan Rohis dan Bakat Minat Siswa MGMP PAI SMA Jawa Tengah dan Abas, Pembina Rohis Jateng. Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Fadlol dan Abas menyampaikan penguatan keorganisasian dan peran Rohis dalam mewujudkan NKRI yang tetap berlandaskan Pancasila dan menjunjung tinggi moderasi dalam beragama.

Dalam acara tersebut dihadiri Kabid PAI, Imam Buchori dan Kasi PAI pada SMA/SMALB/SMK Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Afifatun, Kasi PTK Diksus dan Plt. Kasi SMA Disdikbud Jawa Tengah, ketua MGMP PAI SMA, dan SMK, Ketua DPW AGPAII Jawa Tengah, ketua Rohis Jawa Tengh, kabupaten/kota, Pembina Rohis Jawa Tengah, serta pembina Rohis SMA/SMK kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. (dsr/hery)