Kakankemenag Klaten Lantik Kepala TU Madrasah

Klaten-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif lantik dua Kepala Tata Usaha satuan kerja madrasah (MAN) dilingkungan Kemenag Klaten. Pelantikan dan pengambilan sumpah dihadiri oleh kepala satker madrasah, kepala TU satker madrasah, pengawas madrasah/PAI dan disaksikan oleh Kasi dan Penyelenggara Kemenag Klaten, jum'at (31/8).

Dalam arahannya Kakankemenag mengatakan, jabatan yang baru merupakan sebuah amanah. Dirinya meminta jabatan ini jangan dianggap sebagai suatu keberuntungan, tetapi harus menjadikan sebagai amanah yang harus ditunaikan dengan baik.

“Ketika sebuah jabatan itu kita jadikan amanah, maka insya Allah bukan hanya dunia saja tapi akhirat nanti juga kita dapatkan. Dengan amanah semua akan kita kerjakan dengan semaksimal mungkin dan mendapat keberkahan,” pinta Masmin.

Kakankemenag Klaten mengingatkan Kepala Tata Usaha Madrasah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan, penuh semangat dan tanggungjawab. Standar administrasi sekolah/madrasah, bahwa tugas dan fungsi Kepala Tata Usaha adalah perencana administrasi program dan anggaran, koordinator administrasi ketatusahaan, pengelola administrasi program, penyusun laporan program dan anggaran dan pembina staf.

“Selain itu, Kepala TU harus bisa melakukan koordinasi dengan Kemenag Klaten dan membangun hubungan yang baik atau komunikasi dengan pelaksana TU, kepala madrasah, guru dan masyarakat. Jangan sampai ada salah persepsi atau komunikasi yang tidak jalan, karena hal itu bisa menjadi faktor kendala dalam mewujudkan pelayanan prima,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga Masmin juga meminta mereka yang dilantik untuk berinovasi untuk meningkatkan kemajuan madrasah. Dirinya tidak ingin mereka yang dipercaya ini hanya menjalankan tugas secara rutin saja tanpa adanya inovasi.

Terakhir, Kakankemenag berharap Kepala TU melayani dan membantu guru dengan penuh tanggungjawab dan tanpa membeda-bedakan pegawai yang satu dengan yang lainnya.

Adapun yang dilantik, ada satu orang yang dirotasi, Rochmat Hernowo jabatan lama Kepala TU MTsN 8 Klaten menjadi Kepala TU MAN 1 Klaten, dan satu dipromosikan Jini Pengembang Kurikulum Seksi PAIS promosi menjadi Kepala TU MAN 2 Klaten.(aj/wul)