Kakankemenag Klaten Terima Kunjungan Kerja FKUB Kota Balikpapan

Klaten-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif menyambut kunjungan kerja ketua FKUB Kota Balikpapan, Abdul Muis beserta pengurus FKUB Kota Balikpapan yang berjumlah 10 orang yang bertempat di RM Kakung Sableng Klaten, (17/11).

Ketua FKUB Kota Balikpapan Abdul Muis, dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Klaten, beserta anggota FKUB yang telah menyambut kedatangannya dengan hangat dan ramah.

“Kedatangan kami beserta pengurus anggota FKUB Kota Balikpapan untuk menimba pengalaman dan ingin belajar dari FKUB Kab. Klaten yang dinilai sudah berhasil dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Abdul Muis menyatakan ingin melihat dari dekat kehidupan beragama dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Klaten. Saling bertukar informasi terkait kebijakan pemerintah daerah, program dan langkah yang dilakukan dalam upaya menjaga kerukunan dalam keberagaman agama.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Klaten Masmin Afif merasa terhormat atas kedatangan Ketua FKUB beserta rombongan di Kabupaten Klaten ini dan menyempatkan untuk singgah di Kantor Kementerian Agama Kab. Klaten.

Masmin Afif berharap, dengan adanya kunjungan ini nantinya dapat terjalin silaturahmi yang baik antara FKUB Kota Balikpapan dengan FKUB Kab. Klaten.

“Semoga melalui momentum kunjungan kerja ini dapat memupuk silaturrahim dan bisa saling bertukar pikiran bersama untuk kerukunan umat beragama,” tandas Masmin.

Lebih lanjut Masmin Afif mengatakan, kerukunan beragama di tengah keanekaragaman budaya merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dalam perjalanan sejarah bangsa, Pancasila telah teruji sebagai alternatif yang paling tepat untuk mempersatukan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk di bawah suatu tatanan yang inklusif dan demokratis.

Sinergi FKUB dan Kankemenag Klaten sangat banyak diantaranya kerukunan umat beragama, memberikan rekomendasi IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) rumah ibadah, pendidikan dan banyak hal yang saling bersinggungan.

Keharmonisan dalam komunikasi antar sesama penganut agama adalah tujuan dari kerukunan beragama, agar terciptanya masyarakat yang bebas dari ancaman, kekerasan hingga konflik agama. Alhamdulillah kondusifitas di Klaten terjaga dengan baik, imbuhnya.(mnf_aj)