Kakankemenag Minta Serapan Anggaran Dioptimalkan

Pemalang – Seluruh PNS pada Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang melaksanakan apel pagi Senin pertama bulan Mei di halaman Kankemenag (8/5). Apel turut diikuti oleh Pengawas Pendidikan Islam dan Penyuluh Agama Islam Fungsional se-Kabupaten Pemalang.

Kepala Kankemenag, Taufik Rahman bertindak sebagai pembina apel. Dalam arahannya, Taufik meminta kepada pejabat pengelola DIPA untuk segera mencairkan anggaran sehingga serapan anggaran akan maksimal.

“Saat ini kita sudah memasuki bulan Mei, penyerapan, realisasi anggaran yang lambat untuk segera dioptimalkan. Sehingga saat memasuki bulan Ramadham sebagian besar kegiatan sudah dilaksanakan. Selain itu untuk mengantisipasi jika ada penghematan anggaran,” jelas Taufik.

Teruntuk jajaran pendidikan seperti Seksi Pendidikan Madrasah, Seksi Pendidikan Agama Islam, dan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, agar semua anggaran yang sesuai periodenya dicairkan.

“Untuk jajaran pendidikan, bagi yang sudah memenuhi syarat dan sudah memasuki periodenya untuk segera dicairkan seperti TPG termasuk BOS dan PIP. Yang terpenting sudah ada juklak dan juknisnya,” terangnya.

“Pengawas ikut membantu mengecek kelengkapan administrasi guru dan diingatkan supaya tidak ada rekening yang “mati” sebelum uang TPG ditransfer ke rekening masing-masing sehingga tidak ada kegagalan sistem. Umumnya kegagalan sistem disebabkan oleh masalah individu seperti NPWP yang rangkap dan penulisan nomor rekening yang salah,” lanjutnya.

Taufik mengingatkan jajarannya tidak bermain-main dengan pengurusan administrasi TPG, semuanya bebas dari biaya, bebas pungutan liar. Guru yang akan mengurus administrasi dihimbau datang ke kantor setelah jam 13.00 WIB, karena pagi hari guru punya kewajiban untuk mengajar. Disamping itu, pegawai Kankemenag menggunakan waktu pagi untuk mengurus administrasi yang lainnya.

Mengakhiri pembinaannya, Taufik berharap tahun depan pemberkasan sudah berbasis elektronik, sehingga tidak ada berkas yang menumpuk. Dengan basis elektronik akan menghemat waktu dan tenaga. (fi)