KaKankemenag Pati Lepas 89 CJH Kloter Awal Gelombang Dua

Pati – sekitar jam 11.00 wib sebanyak 89 calon jamaah haji kloter 88 Kabupaten Pati berkumpul di halaman Pemkab Pati dalam rangka pelepasan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Selasa (22/8).

Calon jamaah haji kloter 88 ini rencananya akan bergabung dengan CJH Kabupaten Blora.

Acara pemberangkatan dimulai dengan Ucapan Talbiyah, “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syariika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu).”yang dipimpin langsung H. Abdullah Bahij petugas TPHD 1438 H kloter 88 dan diikuti oleh semua calon jamaah haji.

Acara pelepasan ini dimulai dengan sambutan Kepala Kantor Kemenag Pati Akhmad Mundakir dengan dihadiri oleh forkopimda, Kasi PHU beserta Staf, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Pati, SKPD Pemkab Pati dan undangan lainnya.

“Jamaah haji harus sadar bahwa perjalanannya ke tanah suci adalah untuk beribadah bukan perjalanan biasa. Untuk menjamin agar prosesi manasik haji dapat terlaksana dengan baik perlu ditunjang oleh fisik dan mental yang baik, selain itu diperlukan pula strategi pengelolaan waktu dan kegiatan agar energi dan stamina tidak terporsir sebelum waktunya, sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan dan mental menurun pada saat rangkaian kegiatan ibadah haji mencapai puncaknya,”ucap Mundakir.

Diakhir sambutannya KaKankemenag Kabupaten Pati menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah haji dan turut mendoakan khususnya kepada seluruh calon jemaah haji kab. Pati.

“Atas nama kantor kemenag Pati, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi seluruh calon jemaah haji Kabupaten Pati tahun 1438 H/2017, semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT, dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah rukun Islam ke-5 dengan baik dan kembali ke tanah air dengan selamat dengan mendapat predikat haji mabrur. Aamiin ya robbal ‘aalamiin,”tutup Mundakir.

Mundakir meminta para calon jamaah haji agar berniat yang tulus Ikhlas dan ikuti seluruh rangkaian dan rukun haji sesuai dengan yang sudah dipelajari melalui manasik, jauhi hal-hal yang dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan nilai pahala haji, jagalah kekeluargaan dan kebersamaan sesama jemaah haji dan hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain, jaga kesehatan, laksanakan ibadah dengan tertib dan khusyu dengan mentaati aturan dan jadwal yang telah ditetapkan serta mengikuti petunjuk dan panduan yang telah diberikan, kemudian Dia juga meminta Kepada seluruh jemaah haji nantinya, agar dapat mendoakan kabupaten Pati agar lebih maju, mandiri sejahtera dan berkeadilan,”katanya mengakhiri

Acara ini diakhiri dengan jabat tangan seluruh calon jamaah haji dengan Kepala Kankemenag, Dandim, dan Kepala SKPD. (Athi’/bd)