Kakankemenag, Salah Satu Kesuksesan BP4 Adalah Menggagalkan Perceraian

Kebumen – Salah satu kesuksesan BP4 adalah menggagalkan perceraian, demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Panut saat memberikan pembinaan kepada pengurus baru periode 2021 – 2025 Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kabupaten Kebumen, Rabu (29/09) di ruang rapat lantai 2.

Kepada segenap pengurus baru, Kepala Kankemenag meminta mereka untuk lebih aktif lagi dalam kepengurusan BP4. “Walaupun tidak ada anggarannya, saya minta laksanakan tugas mulia ini dengan sebaik – baiknya,” pintanya.

Sedikit memberikan arahan kepada petugas penasihatan dan seluruh pengurus, Kepala Kankemenag meminta mereka agar lebih mengutamakan tabayyun dan mendengarkan kedua belah pihak sebelum memberikan penasihatan terkait permohonan penasihatan yang biasanya akan dijadikan persyaratan perceraian. “Jangan mengandalkan keterangan sebelah saja,” tandasnya.

Selain menggagalkan perceraian, Kepala Kankemenag meminta kepada para pengurus agar bisa lebih berperan aktif dalam upaya pembinaan dan pelestarian keluarga sakinah. Dia berharap pengurus yang baru bisa lebih bersinergi dengan pihak – pihak terkait dan tokoh agama dalam tujuan ini. Dengan harapan mereka bisa bersama – sama memberikan edukasi dan bimbingan menuju keluarga sakinah dan lestari.

Menanggapi apa yang disampaikan Kepala Kankemenag, Ketua BP4 yang baru H. Darisun menyatakan siap menjalankan tugas dengan sebaik – baiknya. Dan dalam waktu dekat dia berencana akan melakukan audiensi dengan Bupati Kebumen.

Mengutip laman Wikipedia, Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (sekarang) disingkat BP4 adalah Organisasi perkumpulan yang bersifat sosial keagamaan sebagai mitra Kementerian Agama dan instansi terkait lain dalam upaya meningkatkan kualitas perkawinan umat Islam di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi keluarga muslimin di seluruh Indonesia.(fz).