Kakankemenag Sampaikan Doa Upacara 17 Agustus

Rembang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Fatah didapuk untuk membacakan doa dalam upacara bendera yang digelar dalam rangka HUT RI ke-76 oleh Pemerintah Kabupaten Rembang, Selasa (17/8/2021).

Upacara ini berlangsung pada pukul 07.00 WIB di halaman kantor Bupati Rembang. Pelaksanaannya melibatkan peserta yang sangat terbatas dan menggunakan protokol kesehatan. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz.

Bupati membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah dalam rangka upacara Kemerdekaan RI ke-76. Bupati menyampaikan, pandemi menyebabkan dampak sosial yang cukup besar. Banyak anak-anak kehilangan orang tuanya, dan banyak yang usahanya gulung tikar. Grup-grup whatsapp menjadi penebar duka dan doa.

“Panjengengan semua menjadi saksi betapa berat perjuangan kita menghadapi pandemi. Terutama perjuangan tenaga medis. Bahkan banyak dari mereka meninggal dunia. Di jawa Tengah ada 110 nakes yang meninggal dunia,” kata Bupati.

Adapun doa yang disampaikan oleh Kakankemenag adalah sebagai berkut :

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih,

Pagi ini, kami, Para pemimpin dan seluruh rakyat bangsa ini,

Bersimpuh, tengadahkan tangan, persembahkan puja-puji,

Kami bersyukur, atas 76 tahun kemerdekaan bangsa dan negara kami, serta anugerah yang tak terbilang dan tercurah di bumi pertiwi.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, Beri kami petunjuk agar peringatan proklamasi kemerdekaan ini bisa menjadi momentum merekatkan kesatuan dan persatuan.

Anugrahi kami kebeningan hati dan kejernihan pikir, dalam mengamalkan nilainilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah Negeri ini punya cita, mudahkanlah dalam menggapainya Hindarkanlah nusantara kami dari bencana dan marabahaya.

Angkatlah pandemi Covid-19 ini agar kami dapat kembali beraktivitas normal Teguhkan rasa cinta tanah air, tumbuh-suburkan tenggangrasa, solidaritas antar sesama, dan gotong royong dalam membangun bangsa.

Sehingga, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dapat diwujudkan segera Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa Jangan tinggalkan kami dalam kesendirian dan ketidakberdayaan.

Beri kami petunjuk serta kekuatan untuk membawa negeri ini ke arah kemajuan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun Ampunilah semua dosa kami Dosa orangtua dan guru-guru kami.

Ampuni para tokoh bangsa dan para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada bangsa kami,

Mereka yang telah korbankan jiwa raga, darah dan air mata dalam upaya memerdekakan negeri ini, Masukkan mereka ke surga-Mu, muliakan kedudukan mereka di sisi-Mu.

 Ya Allah Kami terus berharap limpahan rahmat-Mu Kami terus meminta keluasan ampunan-Mu Kiranya Engkau juga mengabulkan doa hamba-hamba-Mu.

(Shofatus Shodiqoh)