Gemar Sedekah, Wahana Penanaman Pendidikan Berkarakter

Banjarnegara – Pendidikan berkarakter merupakan serangkaian prinsip dasar moral dan keutamaan serta watak yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasan oleh anak sejak dini hingga menjadi orang dewasa. Ada beberapa nilai karakter yang harus dimiliki anak, salah satunya adalah karakter peduli sosial.

MI Muhammadiyah Semampir dalam mengembangkan karakter peduli sosial pada para siswa, salah satunya dengan cara membiasakan anak untuk bersedekah / berinfak satu minggu sekali setiap hari Jumat.

Tujuan dari sedekah / infaq ini adalah melatih sedari dini pada siswa untuk berbagi dengan sesama dan peduli dengan sesama karena dari hasil sedekah tersebut digunakan untuk berbagi kegiatan social seperti membantu teman yang sedang terkena musibah, membantu pembangunan Madrasah dan sebagainya.

Pada bulan Ramadhan tahun ini siswa/siswi MI Muhammadiyah Semampir tetap melakukan kegiatan bersedekah, bahkan dilaksanakan bukan hanya satu minggu sekali  tapi setiap hari, mengingat pahala berlipat yang akan diterima siswa pada bulan Ramadhan tahun ini. “Mereka menyisikan Sebagian uang saku yang tidak digunakan jajan saat bulan Ramadhan,” ungkap Kepala MI Muhammadiyah Semampir Khusnul Hidayati Jumat ini (7/5)

Dari kegiatan pembiasaan sedekah selama bulan Ramadhan ini dalam 3 pekan sudah terkumpul Rp 4.065.000 yang rencananya hasil dari sedekah tersebut akan digunakan untuk pelunasan pembayaran lahan madrasah yang dibeli secara mandiri oleh MI Muhammadiyah Semampir.

Kepala MI Muhammadiyah Semampir mengatakan “Sudah jelas dari kegiatan tersebut banyak sekali manfaatnya, baik bagi siswa dan juga Madrasah . Hal ini juga salah satu tujuan MI Muhammadiyah Semampir untuk menjadi salah satu madrasah yang hebat dan bermartabat ditengah segala keterbatsan kami,” imbuhnya (KH/mnh/rf)