Kakankemenag Sragen : Optimalkan Layanan

Sragen – Koordinasi adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan agar organisasi terus bergerak dan maju. Koordinasi antar bagian organisasi dengan memaksimalkan fungsinya mutlak diperlukan. Hal itu disinggung Kakankemenag Kab. Sragen, H. Ikhsan Muhadi saat menyampaikan sapaan/pengarahan kepada perwakilan JFU dan JFT Kankemenag Sragen di Aula PLHUT, Rabu (25/08).

“Sebagai salah satu fungsi manajemen, koordinasi dalam tubuh organisasi seperti kantor kita wajib diadakan. Hari ini walaupun pandemi Covid-19 masih berlangsung dan Sragen masih level 4, untuk pertama kali saya dapat bertemu secara lengkap dengan Panjenengan yang mewakili ASN lain, pertemuan harus segera dilaksanakan karena saat ini sudah Bulan Agustus. Ini artinya pelaksanaan kegiatan pada tahun 2021 tinggal 4 bulan lagi” kata Pak Ihsan yang merupakan nama sapaan H. Ihsan Muhadi.

“Waktu 4 bulan itu bukan waktu yang lama, kalau diam saja dan tidak segera bertindak, bisa-bisa nanti terlambat atau bahkan tidak terlaksana” pesan Kakankemenag.

Rapat Koordinasi siang itu dihadiri 20 orang terdiri dari Kasubbag TU, Kasi, Gara, Perencana, Analis Kepegawaian, Humas, Pengelola BMN, Bendahara dan para pengelola kegiatan/keuangan.

Lebih lanjut Kakankemenag berharap agar masing-masing satker atau seksi melihat kembali progress pelaksanaan kegiatan maupun serapan anggarannya.

“Mohon nanti dikirim ke saya RKAKL maupun laporan serapan anggarannya, saya pingin mencermati. Terutama untuk belanja modal, mohon segera dicairkan, terlebih belanja modal penunjang kegiatan seperti pengadaan komputer, laptop, printer dan scanner segera direalisasikan. Jangan sampai menggunakan barang milik pribadi, kalau anggaran kita ada!” pesannya.

Usai pengarahan, masing-masing seksi dan pengelola kegiatan menyampaikan laporan kegiatannya dan juga menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi. Secara umum kendala yang dihadapi adalah keterbatasan perangkat penunjang kegiatan yang memadai, sebagian besar komputer dan printer di KUA sudah rusak, sedangkan di Kankemenag sudah banyak yang kurang memadai. Selain itu  kurangnya pegawai baik di Kankemenag, madrasah maupun di KUA juga mengurangi optimalnya layanan.

Pada akhir kegiatan H. Ihsan Muhadi meminta untuk mengoptimalkan layanan walau memiliki keterbatasan sumber daya maupun peralatan. Ihsan Muhadi juga mengharapkan agar pada tahun 2022 Kankemenag Sragen sudah siap untuk menerapkan Zona Integritas. (ira).