Kakanwil Kemenag Jateng Membuka Lomba MAPSI X Jenjang SMP Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng H. Musta’in Ahmad membuka acara secara virtual

Semarang (Bidang PAI). Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI SMP Provinsi Jawa Tengah menggelar Lomba MAPSI SMP Ke X Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan secara daring, Kamis 04 November 2021.

Pembukaan Lomba MAPSI SMP Ke X Tingkat Provinsi Jawa Tengah di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa tengah, H. Mustain Ahmad, SH., MH. Dalam sambutannya, Mustain menyampaikan ucapan terimakasih kepada Guru PAI SMP yang terus membimbing dan mendampingi anak-anak didik.

“Saya berterima kasih dengan diselenggaraknnya kegiatan ini, kegiatan ini akan dapat memberikan motivasi anak, meningkatkan sportifitas dan dapat memunculkan bakat anak-anak serta berpartisipasi dalam membina pendidikan karakter,” jelasnya.

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan bahwa Lomba MAPSI SMP yang telah menjadi agenda tahunan dapat dijadikan forum silaturahmi dan ajang apresiasi dan selalu melakukan hal –hal yang produktif.

“Kegiatan tahunan ini saya berharap bisa menjadi wahaana silaturrahim dan memberikan apresiasi kepada peserta didik berprestasi dengan kegiatan yang produktif,” tambahnya.

Ketua Panitia MAPSI SMP X Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Syaekudin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan keinginan dari guru PAI SMP se Jawa Tengah yang menghendaki dilaksanakannya lomba MAPSI dalam rangka mengapresiasikan peserta didik yang mempunyai kompetensi, kreasi keterampilan di bidang seni dan pengetahuan agama Islam.

“MAPSI dilaksanakan diantaranya untuk memberikan tempat peserta didik dalam berkompetisi melalui kompetensi diberbagai bidang agama islam,” ungkap GPAI dari Demak.


Hadir dalam acara pembukaan Lomba MAPSI SMP X tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 Kepala Bidang PAI pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Imam Buchori, M.Si. Tak kurang dari 100 orang Pengurus MGMP PAI SMP Provinsi dan Pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten/Kota se Jawa Tengah juga turut menyemarakkan acara tersebut. Di akhir acara, ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Drs. H. Amir Mahmud, M.Pd., ketua Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) PAI Provinsi Jawa Tengah. Turut hadir pada acara pembukaan kegiatan tersebut, Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah, Dr. Muhammad Ahsan, S.Ag., M.Kom. Sekaligus Pembina MGMP PAI SMP Jawa Tengah. Ahsan mengatakan bahwa AGPAII mendukung kegiatan MGMP PAI SMP, SMA/SMK, KKG SD/SLB, dan FKG TK. Pria yang baru saja mendapat promosi Jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang ini juga menyampaikan bahwa AGPAII berusaha menjadi mitra yang baik.

Jenis lomba yang dilombakan pada event ini sebanyak tujuh cabang lomba, yaitu Pidato/Khitobah, Tahfid , Tilawah, Tartil, Kaligrafi, Cerdas Cermat Islami dan Rebana Modern di mana setiap cabang lomba diikuti peserta putra dan putri perwakilan tiap Kabupaten Kota se Jawa Tengah. Moda pelaksanaan lomba secara daring dan luring. Babak penyisihan diadakan secara daring pada tanggal 17 Oktober 2021 bertempat di SMP Negeri 14 Semarang, sedangkan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 9 November 2021 di Masjid Agung Jawa Tengah. Pria ramah dan murah senyum itu mengatakan bahwa lomba MAPSI X kali ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Guru PAI. (dsr/hery/rf)