Kakanwil Kemenag Jateng Resmikan Pencanangan Program Madrasah Dua Bahasa MAN 2 Banjarnegara

Banjarnegara – Kakanwil Kemenag (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama) Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, hadir meresmikan Pencanangan Program Madrasah Dua Bahasa MAN 2 Banjarnegara sekaligus melakukan pembinaan di indoor pada Rabu, (10/5).

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga Plh. (Pelaksana Harian) Bupati Banjarnegara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara, Kepala Madrasah anggota KKMA (Kelompok Kerja Madrasah Aliyah) se-Karesidenan Banyumas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara, Pengawas Madrasah, Kepala MA dan Mts se- Banjarnegara, dan beberapa tamu undangan dari Komite, Koramil, Polsek, serta Wali Murid.

Kakanwil Kemenag, Musta’in Ahmad dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas program yang digagas oleh MAN 2 Banjarnegara ini. “Saya berharap program ini bukan hanya sebagai program semata, tapi benar benar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Harapannya kita mampu mendidik anak-anak kita percaya diri sejajar dengan anak dari negara lain,” terangnya.

Hal senada juga juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto yang juga mengapresiasi program Madrasah Dua Bahasa. “Saya mengapresiasi MAN 2 Banjarnegara yang sudah berani mengadakan program ini, sebab sekarang ini kita memang dituntut untuk mampu menguasai bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris,” tuturnya.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 185 orang tersebut juga diapresiasi oleh Plh Bupati Banjarnegara yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Banjarnegara, Indarto. “Madrasah harus mampu menjawab tantangan zaman dengan menyiapkan peserta didiknya salah satunya dalam penguasaan bahasa asing agar mampu berkomunikasi dan memahami informasi yang ada, untuk itu selamat atas dicanangkannya Program Dua Bahasa ini untuk MAN 2 Banjarnegara, ” ucapnya dengan penuh semangat.

Kegiatan Pencanangan Program Madrasah Dua Bahasa MAN 2 Banjarnegara sebenarnya sudah direncanakan sejak awal tahun 2021. “Kami berusaha sebaik mungkin untuk menyiapkan program ini dari berbagai sisi sejak bulan Januari 2021. Alhamdulillah bulan Oktober ini akhirnya bisa diresmikan langsung oleh Bapak Kakanwil bertepatan dengan momen rangkaian acara HUT MAN 2 Banjarnegara yang ke-56. Semoga program ini ke depan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan,” harap Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah.

Selain rangkaian sambutan, sejumlah penampilan peserta didik juga turut memeriahkan acara tersebut seperti penampilan band, tarian, dan hadroh, role play dan story telling.  (ta/ak/rf)