Kakanwil Lepas Kontingen FASI Jawa Tengah

Semarang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani, melepas secara resmi keberangkatan kontingen yang akan berlaga di ajang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke-10 Tingkat Nasional Tahun 2017 di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 13 s.d. 17 September 2017.

Setelah mengikuti pembinaan selama 2 hari, peserta telah mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan teknis perlombaan, memperoleh gambaran pelaksanaan kegiatan FASI ke-10 Tingkat Nasional, dan santri semakin mantap dan siap mengikuti kegiatan FASI Tingkat Nasional. Sesuai dengan jadwal penerbangan, kontingen akan take off dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang pada pukul 15.10 WIB langsung menuju ke Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin. Diperkirakan kontingen akan tiba di Banjarmasin pukul 17.20 WITA.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pengiriman Kontingen FASI ke-10 merupakan program Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah, sedangkan Kantor Wilayah Kementerian Agama memberikan fasilitasi pemberangkatan bagi kontingen santri TPQ (Taman Pendidikan al-Quran) sebanyak 15 santri. Sedangkan santri dari TKA (Taman Kanak-Kanak Alquran) dan TQA (Ta’limul Quran lil Aulad) dikoordinasikan sepenuhnya oleh Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah, sehingga peserta secara keseluruhan sebanyak 45 santri.

Kakanwil menyampaikan apresiasi yang tinggi atas keikutsertaan Provinsi Jawa Tengah dalam FASI ke-10 Tingkat Nasional Tahun 2017. Terlebih lagi kepada Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah yang dengan perjuangan yang gigih untuk memberangkatkan 45 peserta. “Semoga seluruh perjuangan kita memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan harapan kita semua serta dicatat oleh Allah swt sebagai amal jariyah yang akan memperoleh balasan yang berlipat ganda,” kata Farhani mendoakan.

Lebih lanjut, Farhani juga menyampaikan apresiasi atas prestasi Badko TPQ yang telah mengalami kemajuan dalam perolehan kejuaraan FASI Tingkat Nasional diawali masuk 8 besar, 5 besar, dan pada FASI Nasional IX menempati posisi ketiga. “Pada FASI kali ini siapkah menjadi juara umum?” tanya Kakanwil kepada para peserta yang dijawab serentak dengan lantang “Siap.”

Selanjutnya, Farhani berpesan kepada peserta supaya jangan sampai keluar arena tanpa sepengetahuan panitia atau pendamping. Diingatkan pula agar peserta harus punya kepercayaan diri yang tinggi karena telah melakukan persiapan dengan matang. “Jangan minder, jangan setengah-setengah, apalagi menyerah sebelum bertanding. Tingkatkan semangat untuk meraih prestasi terbaik,” pesan Kakanwil.

Kepada panitia dan pendamping, Kakanwil berpesan agar mengontrol konsumsi dan aktifitas peserta agar terjaga kondisi badan tetap prima.

Pada Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke-10 Tingkat Nasional ini, Kontingen Jawa Tengah akan menerjunkan peserta pada 29 cabang lomba terdiri atas : 4 cabang Lomba Tartil (TKQ/TPQ Putera/Puteri), 2 cabang Lomba Adzan Iqamah (TKQ/TPQ Putera), 2 cabang Lomba Nasyid (TKQ/TPQ), 2 cabang Peragaan Shalat TKQ (Putera/Puteri), 2 cabang CCQ (TKA/TPQ), 2 cabang Mewarnai Gambar (TKQ Putera/Puteri), 2 cabang Menggambar (TPQ Putera/Puteri), 4 cabang Ceramah Bahasa Indonesia (TKQ/TPQ/TQA Putera/Puteri), 2 cabang Tilawah (TQA Putera/Puteri), 2 cabang Tahfidz Juz ‘Amma (TQA Putera/Puteri), 1 cabang Terjemah Lafdziyah (TQA Putera), 2 cabang Kisah Islami (TQA Putera/Puteri), 2 cabang Kaligrafi (TQA Putera/Puteri). (fat/gt)