Kakanwil : Raih Prestasimu Dengan Semangat

Salatiga – Memperingati Hari Pahlawan, pagi ini (10/11) MAN Kota Salatiga menyelenggarakan upacara di halaman madrasah. Upacara diikuti oleh seluruh peserta didik, komite madrasah,  para guru, pegawai, dan puluhan wali murid yang khusus diundang oleh madrasah. Bertindak selaku pembina, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani.

Kehadiran Kakanwil bukan sekedar untuk upacara hari pahlawan saja melainkan untuk memberikan semangat kepada para guru dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas diri baik melalui kegiatan di luar madrasah dan lebih khusus melalui kegiatan yang diselenggarakan madrasah sekaligus menyampaikan penghargaan berupa sertifikat dan beasiswa kepada 51 peserta didik yang telah hafal Alquran minimal 1 juz.  Sertifikat dan beasiswa peserta didik diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah didampingi Kepala MAN Kota Salatiga – Handono, Ketua Komite MAN Kota Salatiga – Sa’adi, dan pembimbing tahfid – Tohilman.

Para hafidz dan hafidhah diberikan penghargaan berupa sertifikat, uang pembinaan masing-masing Rp 150.000,00 dan beasiswa (bebas uang sumbangan operasional pendidikan selama 3 bulan) sebagaimana dikatakan Handono, Kepala MAN Kota Salatiga. Adapun sumber dana –masih menurut Handono- berasal dari infak para guru MAN Kota Salatiga dan dari madrasah dengan total Rp 25.650.000,00. Di MAN Kota Salatiga menyelenggarakan program tahfidz dengan mendirikan rumah tahfidz yang diikuti oleh ratusan peserta didik dan dirintis sejak tahun 2002 silam.

Kakanwil bertindak selaku pembina upacara dalam amanatnya menyampaikan apresiasi atas prestasi para peserta didik dalam bidang tahfidz Alquran. Apresiasi juga disampaikan kepada para guru dan ustadz yang berhasil membimbing peserta didiknya dalam tahfidz Alquran. “Ini menjadi pembeda yang baik dari lembaga pendidikan lainnya,” ucap Kakanwil.

Kakanwil berpesan kepada para hafidz untuk menjaga sekaligus meningkatkan hafalan alquran. Siswa yang belum mengikuti diharapkan bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga alquran dengan tahfidz Alquran. “Saya ucapkan selamat atas prestasi yang telah dicapai peserta didik, teriring doa semoga tetap istiqamah dalam menghafal Alquran,” kata Farhani mengakhiri sambutan.

Usai upacara, diselenggarakan sarasehan komite, orang tua peserta didik dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk menampung gagasan gagasan yang unggul untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di MAN Kota Salatiga.

Disampaikan oleh Farhani, madrasah saat ini telah mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pantas dibanggakan. “Berbagai prestasi cemerlang telah diraih para peserta didik dan guru madrasah dan mampu bersaing dengan sekolah,” kata Farhani. Namun demikian kita tidak boleh terlena dengan prestasi yang ada, melainkan kita harus lebih bersemangat dan bekerjasama dengan pihak pak terkait untuk meningkatkan prestasi khususnya  bidang pendidikan. (fat/gt)