Kami Tidak Gengsi dan Iri, Kami Ingin Tiru

Kebumen – Kepala Kankemenag Kabupaten Jepara, Nor Rosyid merasa tidak gengsi dan iri atas pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kankemenag Kabupaten Kebumen.

“Kami tidak gengsi dan iri, kami ingin meniru PTSP Kankemenag Kabupaten Kebumen,” ucapnya. Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke Kebumen dalam rangka Studi Banding PTSP di aula Kankemenag Kebumen, Jum’at (12/10).

Selain bersilaturrahim, Nor Rosyid berharap agar Kemenag Kebumen, melalui Tim PTSP nya bisa menularkan ilmunya sehingga nanti bisa dikembangkan di Kemenag Kabupaten Jepara.

“Kami ingin mempunyai pelayanan PTSP seperti di Kemenag Kebumen untuk bisa kita kembangkan di Jepara nanti,” kata Nor Rosyid.

Sebelumnya Kepala Kankemenag Kebumen, Imam Tobroni merasa tersanjung dan senang atas kedatangan Tim Studi Banding Kankemenag Kabupaten Jepara. Pasalnya meskipun ini merupakan tamu terjauh dari kunjungan-kunjungan sebelumnya, namun Kemenag Jepara bisa datang lebih awal dan tepat waktu.

”Mesti Kemenag Jepara terjauh, tapi bisa lebih gasik (awal) dan tepat waktu, saya salut itu,” ucap Tobroni.

Lebih lanjut Imam Tobroni mengapresiasi kedatangan Kepala Kankemenag Kabupaten Jepara bersama rombongannya, untuk ikut bersama-sama mengembangkan program PTSP sesuai arahan Menteri Agama.

“Saya sangat mengapresisasi Kemenag Kabupaten Jepara yang ingin belajar bersama kami dalam mengembangkan PTSP Kemenag, sesuai arahan Menteri Agama,” paparnya.

Seperti pernyataan pada kunjungan-kunjungan sebelumnya, Imam Tobroni juga menawarkan kepada Tim Kemenag dari Kabupaten Jepara untuk dipersilahkan melihat secara langsung ruang PTSP dan proses layanan terhadap nasabahnya. Tidak lupa pula dia menawarkan agar Kemenag Jepara bisa mencontoh langsung layanan-layanan PTSP Kemenag Kebumen dalam bentuk aplikasinya secara gratis.

“Silahkan aplikasi PTSP untuk dikloning dan kami berikan secara gratis,” ucapnya.

Beberapa pertanyaan ditujukan kepada tim PTSP Kemenag Kebumen, saat Kasubbag TU, Suwaibatul Aslamiyah mempresentasikan PTSP, saat itu ditanyakan tentang teknis pelayanan PTSP. Kasubbag menjelaskan bahwa saat ini Kemenag Kebumen baru bisa melayani sebanyak 61 jenis layanan, selebihnya dilayani secara khusus.

“Seperti layanan pendaftaran haji, itu langsung di PTSA,” paparnya.

“Sedangkan untuk layanan sertifikasi guru bisa langsung ke unit pengolahnya masing-masing di PAIS dan Penma,” lanjut dia.

Dijelaskan pula oleh Kasubbag, bahwa untuk menunjang kenyamanan nasabah saat menunggu proses, maka diberikan fasilitas ruang AC yang nyaman, ruang laktasi dan konsultasi, surat kabar harian dan juga air mineral.

“Itu untuk menjaga kenyamanan pengunjung saat menunggu proses yang sedang diajukan, kita buat senyaman mungkin untuk para pengunjung,” papar Kasubbag.(pt/sua)