Kampanye Jajanan Sehat, Siswa Membuat Makanan Tradisional

Tegal (Slawi) – Suasana halaman MI Negeri 3 Tegal  nampak lebih ramai dari biasanya. Para siswa tampak sibuk menata meja berderet di depan kelas dengan atasnya diisi dengan berbagai makanan dan minuman beraneka warna. Sebagian anak menyiapkan gelas dan memotong buah-buahan sedangkan yang lain tampak menata wadah tempat kue-kue. Semua siswa melaksanakan tugas sesuai dengan kelompoknya.

Hari  Senin (6/4), siswa kelas 6 melaksanakan praktik membuat jajanan tradisional khusus yang terbuat dari singkong. Acara yang bertujuan mengkampanyekan jajanan sehat bagi siswa itu sengaja dibuat agar siswa tahu bahwa jajanan yang saat ini dijual di sekolah – sekolah itu mayoritas mengandung zat – zat yang mempunyai dampak kurang baik bagi kesehatan.

“Kita ingin anak-anak mengenal makanan tradisional dan sehat yang mungkin sebagian besar dari mereka tidak mengenal lagi di zaman sekarang ini, karena di warung-warung juga jarang tersedia, yang ada hanya jajanan kemasan yang biasa kita lihat di iklan tv, “ kata Musyarofah sang penggagas acara ini.

Ada banyak jajanan tradisional yang dibuat oleh siswa pada acara itu diantaranya gemblong, cetil, gejos, awul-awul, getuk dan beberapa minuman es buah sebagai pelengkap rasa. Hal ini memang sudah diatur agar tersedia berbagai makanan yang berbeda tiap kelompoknya.

“ Untuk kegiatan pertama kita membuat jajanan yang berbahan baku singkong, alasannya mudah dibuat dan didapat. Karena di sini kan tempatnya dekat pasar jadi tak ada kesulitan bagi siswa untuk memperoleh bahan bakunya,” ujar Musarofah yang akrab dipanggil Bu Opah.

Sementara dari pihak siswa merasa gembira dengan kegiatan semacam ini karena bisa menghilangkan stress menjelang ujian dan juga mempelajari bagaimana membuat jajanan yang selama ini mereka hanya membelinya.

“Kami merasa senang ada kegiatan semacam ini karena sebentar lagi kan ujian, jadi pikiran tidak tegang terus memikirkan ujian nanti, bisa menghilangkan stress, sekalian juga belajar cara membuat jajanan tradisional” kata Amelia, disela –sela kesibukannya membuat es buah.(gus27/Wul)