Kankemenag Wonogiri salurkan bantuan untuk ponpes

Wonogiri – Menyambut Hari Amal Bakti ke-70 Kementerian Agama, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Wonogiri menyalurkan bantuan berupa sembako untuk Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Wonogiri yang di ujudkan dalam bentuk beras, minyak goreng, gula, teh dan mie. Dana UPZ juga disalurkan dalam bentuk beasiswa siswa miskin, bantuan penyelenggara wajar dikdas, bantuan Madin dan insentif bagi guru wiyata bakti.

Penyerahan bantuan di lakukan, Selasa (01/12) di 8 Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Wonogiri oleh Gara Syariah, Fauzi Rohman Jauhari kepada santri dan pengasuh ponpes.

Menurut Fauzi penyaluran bantuan merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi keluarga besar Kankemenag Wonogiri terhadap pondok pesantren telah terbukti memainkan peran sekaligus memberikan kontribusi penting dalam mencerdaskan kehidupan umat Islam, lembaga yang menjaga dan menyiapkan santrinya kuat iman dan akhlaknya.

Selain itu secara umum kondisi sarana prasarana dan keadaan para santri di ponpes yang sangat terbatas maka perlu perhatian dari semua pihak termasuk Kemenag, walaupun tidak banyak semoga bantuan dari Kemenag Wonogiri bisa memberikan manfaat kepada santri dan pengasuh.

Zakat adalah menjadikan harta lebih bersih, suci, baik dan berkah. Membersihkan dan menumbuhkembangkan harta serta menjaga harta dari noda dosa dengan keberkahan mentaati dan mengagungkan perintah Allah SWT, selain itu menyucikan jiwa dari noda bakil, kikir dan kerakusan serta ketamakan.

“Walaupun dalam gerusan globalisasi pondok pesantren tetap eksis dan konsisten menyuguhkan sistem pendidikan yang komprehenship antara kekuatan fisik (jasmani) dan kebutuhan mental spiritual (rohani) sehingga output pesantren menjadi manusia yang sholeh dan cerdas pemikirannya,” tegas Fauzi.

Penyaluran air bersih

Sebelumnya sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas sosial pegawai Kantor Kementrian Agama Kabupaten Wonogiri memberikan bantuan berupa air bersih sebanyak 65 tangki untuk korban kekeringan di wilayah selatan Wonogiri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Safrudin mengatakan aksi sosial tersebut digelar setiap tahun untuk meringankan beban warga yang kekurangan air bersih setiap kemarau tiba dan sebagai sikap solidaritas dan kepekaan sosial kepada masyarakat.

Adapun 8 pondok pesantren yang mendapatkan bantuan antara lain : Ponpes Mambaul Hikmah (Selogiri), Ponpes Bairuna (Jatipurna), Ponpes Al Fatah (Wonogiri), Ponpes Al Ibanah (Purwantoro), Ponpes Ar Ruqoyyah (Kismantoro), Ponpes Al Amanah (Sidoharjo), Ponpes Al Amin (Tirtomoyo) dan Ponpes Gani Tirto Asri (Tirtomoyo). (Mursyid ___ Heri)