Penyerahan SK ijin operasional Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazis) Jabal Nur Pati

Kantongi Izin Operasional, Lazis Jabal Nur Pati Dituntut Optimalkan Kinerja

Pati – Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Penerangan Agama Islam, pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) melakukan bimbingan dan pendampingan kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Lazis Jabalnur Pati, bertempat di ruang Kepala Kemenag Kabupaten Pati, Senin (11/10/2021).

Kunjungan kerja tersebut merupakan rangkaian agenda penyerahan surat keputusan (SK) ijin operasional Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazis) Jabal Nur Pati.

Agenda ini dihadiri oleh Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf  Penaiszawa Sobirin beserta tim dan disambut oleh Kepala Kankemenag Kab. Pati Ali Arifin bersama Kasubbag tata usaha, penyelenggara zakat wakaf serta sejumlah pengurus Yayasan Jabalnur Pesantenan Pati.

Dalam kesempatan tersebut, ijin operasional Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazis) Jabal Nur Pati diserahkan. Penyerahan dilakukan oleh Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Penaiszawa Sobirin kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Jabalnur Eko Yulianto didampingi Ketua Yayasan dan Ketua Lazis Jabalnur Pati.

Dalam arahannya, Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Penaiszawa Sobirin berpesan agar Lazis Jabal Nur Pati dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam berkhidmah kepada umat. “Ada empat hal yang perlu diperhatikan setelah ijin operasional ini dikeluarkan, yaitu segera lakukan sosialisasi kepada masyarakat, kemudian bekerja secara profesional, dan harus ada support dari pemerintahan, dan yang terakhir berdayakan dana Lazis secara proporsional atau tepat sasaran,” jelas Sobirin.

Sementara itu, Kepala Kemenag Pati Ali Arifin dalam kesempatan itu menyarankan agar LAz Jabal Nur dapat menyasar ke non pemerintahan yang potensinya lebih besar. “Harapan kami, adanya Lazis Jabal Nur di Pati yang sudah memiliki ijin resmi dari pemerintah ini dapat membantu pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan utamanya di wilayah Kabupaten Pati,” tegas Arifin.

Sementara itu dalam sambutan Ketua Dewan Pembina Yayasan Jabalnur Eko Yulianto juga menyampaikan bahwa Lazis Jabalnur Pati masih perlu banyak mendapat bimbingan dan pendampingan dari kanwil kemenag Prov. Jateng.

“Kami sangat menyadari masih jauh dari kata sempurna, program-program yang dijalankan masih jauh dari ekspetasi seperti LAZ nasional dan terimakasih atas kepercayaannya kepada Lazis Jabalnur,” Ucap Eko

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Kanwil Kemenag Jateng atas kunjungannya ke Pati dalam rangka penyerahan SK ijin operasional Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazis) Jabal Nur Pati. (at)