Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng Raih 2 Prestasi dalam Pelaksanaan Anggaran 2017

Semarang (Inmas) – Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah menerima penghargaan dari Kanwil Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Prov. Jawa Tengah atas capaian prestasinya dalam pelaksanaan anggaran 2017, Selasa (20/03). Prestasi yang diraih, yaitu sebagai peringkat ke-2 kinerja penyampaian data kontrak terbaik tahun 2017 dan peringkat ke-3 kinerja laporan pertanggungjawaban bendahara terbaik tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan disela-sela Sosialisasi PMK No. 11/ PMK.02/2018 tentang Tata Cara Revisi Anggaran, Evaluasi Pelaksanaan Anggarah Tahun 2017 dan Implementasi Kartu Kredit UP di Aula Lantai 4 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jawa Tengah.

Farhani, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah usai menerima penghargaan menyatakan rasa syukurnya atas penhhargaan tersebut. Pada kesempatan itu Farhani menyampaikan bahwa bicara anggaran terkait 3 hal, antara lain: Satu, Perencanaan. Penyusunan perencanaan anggaran harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Penyusunan anggaran harus sesuai dengan visi dan misi Kementerian Agama, harus sesuai dengan program unggulan dari pemerintah saat ini sehingga dapat melayani kebutuhan masyarakat dengan baik,” jelasnya.

Lanjutnya yang kedua, Pelaksanaan Kinerja Anggaran. Rencana penarikan angaran yang baik dan jadwal pelaksanaan anggaran harus terjadwal secara merata dalam 12 bulan. Sedangkan yang terakhir, laporan pertanggungjawaban anggaran. “Seperti yang kita ketahui bersama, pertanggungjawaban anggaran untuk instansi pemerintah itu diatur, harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” imbuhnya.

Kakanwil juga menyampaikan bahwa penghargaan ini diperoleh dengan meneguhkan komitmen bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan melalui koordinasi dan bimbingan yang telah dilakukan selama tahun 2017 dan penghargaan ini dipersembahkan untuk seluruh ASN Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah atas perhatian dan dedikasinya.

“Penghargaan ini tentu saya persembahakan utamanya kepada seluruh pejabat perbendaharaan dan seluruh jajaran ASN Kementerian Agama Prov. Jateng,”

Sementara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jawa Tengah, Mirza Efendi  bahwa penilaian pelaksanaan anggaran bahwa anggaran mempunyai fungsi, yaitu alokasi, distribusi dan stabilisasi. Dimana uang negara yang diberikan melalui Kementerian/ Lembaga selain untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat jg dapat  merangsang pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

“Uang negara yang dititipkan melalui Kementerian/ Lembaga selain untuk menjalankan tugas dan fungsinya juga dapat memberikan efek domino terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah,”terang Mirza.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jawa Tengah menyampaikan ucapan selamat atas raihan prestasi jajaran Kanwil Kementerian Agama. Prov. Jawa Tengah.

“Selamat atas prestasi yang diraih jajaran Kanwil Kementerian Agama. Prov. Jawa Tengah , semoga dengan diperolehnya penghargaan ini dapat memberikan manfaat, dan jadi motivasi dalam pelaksanaan anggaran 2018 yang lebih baik lagi,”pungkasnya (Wul/Wul)