Kanwil Siap Selenggarakan Evaluasi Haji 2016

Semarang – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah siap menyelenggarakan Evaluasi Pelaksanaan Embarkasi/ Debarkasi Solo 1437H/ 2016M. Sekalipun respon positif dari berbagai pihak atas kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016, namun evaluasi pelaksanaan tetap menjadi syarat mutlak sebagai upaya peningkatan pelayanan di tahun mendatang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Noor Badi menerangkan bahwa Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah saat ini sudah bersiap menyelenggarakan evaluasi terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun 2016. Mengambil lokasi Hotel Patra Jasa yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Candi Baru, Kota Semarang Evaluasi Pelaksanaan Embarkasi/ Debarkasi Solo 1437H/ 2016M rencananya akan berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 November 2016.

“Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1437H telah berakhir sejak 15 Oktober 2016 yang lalu, meski pelaksanaan ibadah haji tahun ini banyak mendapat respon positif dari berbagai pihak utamanya kepuasan jemaah haji, namun demi peningkatan pelayanan Kanwil Kemenag Prov. Jateng akan melaksanakan evaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 9-11 November 2016 yang bertempat di Hotel Patra Jasa Semarang,” terang Noor Badi kepada redaksi, Selasa (09/11).

Kegiatan ini akan diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama beserta Kepala Seksi PHU Kabupaten/Kota Jateng dan DIY, beberapa petugas pendamping jemaah haji selama di Arab Saudi (TPHI, TPIHI, TKHI), perwakilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Jateng dan DIY dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi Solo 1437H.

“Kegiatan evaluasi akan diikuti oleh 135 peserta dari berbagai bidang tugas dengan harapan mampu menampung segala permasalahan yang terkait dengan pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji sehingga akan memberikan hasil yang maksimal dalam upaya memberikan peningkatan pelayanan pada musim haji mendatang,” imbuhnya.

Ditambahkan, kegiatan evaluasi pelaksanaan haji Embarkasi/ Debarkasi Solo merupakan upaya peningkatan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada jemaah haji baik masa pemberangkatan maupun masa pemulangan yang harapannya akan meningkatkan indek kepuasan jemaah haji, yang secara tidak langsung akan meningkatkan kinerja aparatur penyelenggara ibadah haji.

“Kegiatan ini sangat diharapkan mampu mengevaluasi pelaksanaan pelayanan kepada jemaah haji serta mengevaluasi pelaksanaan kebijakan haji yang telah dicanangkan pemerintah, serta upaya meningkatkan indek kepuasan jemaah haji,” pungkasnya. (gt/gt)