Karomah PAIF Kota Magelang Bagikan Vitamin Bagi Warga Terkonfirmasi Covid 19

Kota Magelang – Peran dan kontribusi masyarakat melalui sumbangan dana sosial keagamaan seperti zakat, infak, sedekah dan wakaf maupun sumbangan gotong-royong lainnya sangat membantu dan menjadi komplemen program pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah. Sedekah yang diberikan kepada umat selama masa pandemi menjadi salah satu bentuk solidaritas untuk mengadapi masa-masa sulit saat pandemi.

Pandemi Covid-19 sangat terasa berdampak terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Akibat dari pemberlakuan PPKM darurat yang dimaksudkan untuk menghidari penularan virus corona, berdampak pada kegiatan ekonomi yang menjadi lemah. Pemutusan hubungan kerja serta meningkatnya pengangguran menjadi hal yang tak terelakkan disaat ini.

Meskipun pada dua tahun ini pemerintah telah menggelontorkan separo dari alokasi dana penanganan Covid 19 diperuntukkan bagi bantuan sosial rumah tangga dan bantuan untuk usaha mikro dan kecil, akan tetapi pada kenyataannya dilingkungan kita semakin banyak keluarga pra sejahtera yang semakin kesulitan dalam memenuhi kebutuhan primernya.

Karomah PAIF Kankemenag Kota Magelang sebagai pembina majlis taklim berinisiatif untuk mengorganisir aksi kemanusiaan yang bukan hanya slogan semata. Bersama 10 koordinator majlis taklim binaannya hari Sabtu (17/07) secara serentak bergerak bersama berkunjung langsung ke rumah-rumah warga yang terkonfirmasi positif CovId 19 dan malakukan isolasi mandiri (isman) di lingkungannya.

“Kami peroleh data saudara-saudara kita yang sedang isman dari RT dan RW setempat, sehingga insya Alloh data tersebut valid. Berdasarkan data itulah kemudian kita salurkan sembako, buah-buahan dan vitamin untuk meringankan beban mereka. Semua ini dilakukan sebagai wujud kepedulian dan solidaritas kepada saudara-saudara kita yang tengah berjuang melawan virus corona. Mudah-mudahan gerakan bersedekah sebagai bentuk nyata aksi kemanusiaan ini bermanfaat.” ucap Karomah disela-sela kegiatan.

Karomah menggalang dan menggerakkan jamaahnya untuk bersedekeah melalui program sedekah subuh telah berjalan secara rutin. Selama ini perolehan dari program sedekah subuh ini dibelanjakan berupa program sembako murah di setiap hari jumat. Terinspirasi oleh program yang dicanangkan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI yakni Gerakan Nasional Penyuluh Agama Islam Peduli Umat Di Masa Darurat Covid19, kali ini hasil dari sedekah subuh dibelanjakan juga berupa vitamin dan buah-buahan segar.(Karomah-Hari/Sua).